Paris Larang Mobil dan Motor "Jadul"
Reporter: Tempo.co
Editor: Widiarsi Agustina
Kamis, 15 November 2012 04:17 WIB
Sejumlah motor klasik era Perang Dunia ke II saat dipamerkan di Road to The 6th Otoblitz International Classic Car di Hall Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/11). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO , Jakarta: - Mimpi buruk akan menghampiri para pemilik kendaraan jaman dulu (jadul) di ibukota Prancis. Walikota Paris berencana melarang mobil klasik, sepeda motor dan truk  tua`di kota tersebut pada 2014.

Walikota Paris dari partai Sosialis Bertrand Delanoe mengatakan langkah itu sangat penting mengurangi polusi.  Para rival  menyebut dia sebagai "anti-sosial, anti-sub urban dan anti-pengendara".

Dalam proposal kepada dewan kota pada Senin, walikota akan melarang penggunaan mobil yang berumur lebih dari 17 tahun dan truk atau bus yang berumur lebih dari 18 tahun pada September 2014.

Delanoe juga melarang sepeda motor yang dibuat sebelum 2004 dan menyebutnya sebagai penyumbang terbesar polusi dan suara berisik.

Larangan kendaraan jadul akan berlaku di dalam jalan tol A86 yang mengelilingi ibukota Prancis. Vespa lama dan sepeda motor juga termasuk yang kena larangan itu, seperti  dikutip inautonews.

Usulan itu merupakan bagian dari rencana komprehensif mengurangi emisi sebesar 30 persen pada 2015. Jika gagal, Uni Eropa akan mendenda Perancis 100 juta euro.

WDA | ANT

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi