Tahun Depan Subaru Mulai Pasarkan Mobil Hibrida  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Rabu, 19 Desember 2012 20:57 WIB
Subaru XV. autocar.co.uk

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Produsen mobil premium asal Jepang, Subaru akan mengembangkan mobil hibrida. "Tahun depan kami akan meluncurkan mobil hybrid," kata General Manager Fuji Heavy Industries, Junichi Tsukamoto, usai peluncuran pertama Subaru XV dari pabrik perakitan Tan Chong Motor Assembly di Segambut, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 19 Desember 2012. Namun, mobil hibrida itu masih ditujukan untuk pasar domestik di Jepang. "Mobil Hybrid membutuhkan kesiapan infrastruktur," kata Tsukamoto.

Tsukamoto mengatakan saat ini pihaknya fokus dalam pemasaran Subaru XV -- mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru. Menurut dia, permintaan kendaraan berjenis SUV meningkat di dunia, termasuk Indonesia. Dia yakin advance technology Subaru XV mampu meningkatkan permintaaan dari Indonesia. Pertengahan tahun depan, pihaknya akan meluncurkan mobil berjenis SUV, yaitu Subaru Forresta. Adapun XV ditujukan untuk pangsa pasar menengah atas dengan karakteristik Urban dan Adventurer.

Deputy President Fuji Heavy Industries Jun Kondo mengatakan pihaknya fokus pada penjualan mobil bertipe SUV di Indonesia. "Kami tidak berencana memproduksi mobil tipe MPV," kata Kondo. Meski penjualan Multi Purpose Vehicle (MPV) paling laris di Indonesia, dia yakin permintaan pasar akan beralih ke SUV. "Tiap produsen punya keunggulannya masing-masing," katanya. Jun juga mengatakan perusahaan belum berminat memproduksi mobil kelas commercial.

Kondo mengatakan Subaru membidik pasar ASEAN tahun depan. "ASEAN adalah pasar yang besar, dan kami sangat berharap dengan pasar di Indonesia," katanya. Saat ini, pasar terbesar Subaru ada di Jepang dan Amerika Serikat dengan total penjualan mencapai 750 ribu unit. Dari jumlah itu 550 ribu unit terjual di Jepang. "Target penjualan kami di Amerika Serikat dan Jepang mencapai 850 ribu per tahun pada 2015," katanya.

AMANDRA MUSTIKA MEGARANI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi