Mercedes-Benz Cetak Rekor Penjualan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Senin, 7 Januari 2013 05:11 WIB
REUTERS/Bernadett Szabo/File

TEMPO.CO , Munich:Mercedes Benz tahun ini menembus rekor penjualan yakni 1,32 juta unit. Faktor utama tembusnya rekor penjualan merek premium di bawah produsen otomotif Daimler AG ini adalah meningkatnya permintaan dari pasar Amerika Serikat, meski pasar Cina dan Eropa melemah.

Angka penjualan tahun ini naik 4,7 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Pada Desember 2012, volume penjualan di Amerika Serikat naik 9,5 persen. Sementara di Cina, pasar Mercy turun 18,6 persen. Sebaliknya, rival Mercedes-Benz, Audi dan BMW, justru penjualannya naik di negara ini. Namun secara rinci, Audi dan BMW, belum merilis hasil penjualan pada 2012.

CEO Daimler, Dieter Zetsche, berharap Mercy kembali menjadi pemuncak di pasar mobil premium mengungguli dua produsen saingannya itu. Target itu diharapkan bisa tercapai pada 2020.  "Saya yakin, paling lambat kami akan melampaui rival kami pada 2020," katanya kepada Boersen-Zeitung, terbitan akhir tahun lalu.

Dieter berharap targetnya tercapai selama dia masih menjadi CEO Daimler. Zetsche akan mengakhiri kontranya pada Desember 2013, dan berharap diperpanjang selama tiga tahun.

Zetsche mengaku gagal bersaing dengan pesaingnya di pasar mobil compact dan di pasar Cina. Dengan krisis utang Eropa yang suram, produsen mobil mewah Jerman mempertahankan pertumbuhan dengan rame-rame berfokus di pasar Amerika Serikat dan Cina. Adapun BMW diharapkan memperkuat dominasinya di industri mobil premium tahun ini. Menurut perkiraan Lembaga Peneliti Pasar Industri Otomotif IHS Automotive, produsen mobil berbasis Munich, Jerman itu akan meningkatkan penjualannya 4,6 persen menjadi 1,54 juta unit pada 2013. Ini akan mengalahkan penjualan Audi yang mencapai 1,44 juta unit. IHS juga memprediksi Mercedes akan merebut kembali ranking dua, setelah dua tahun lalu direbut Audi.

NUR ROCHMI | AUTONEWS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi