Penjualan VW Tumbuh 11 Persen di 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 14 Januari 2013 17:33 WIB
Volkswagen Autostadt pernah menjadi lokasi syuting bagi film 'Mission Impossible - Ghost Protocol' yang dibintangi oleh Tom Cruise. Aetherapparel.com

TEMPO.CO, DETROIT - Produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW), menyatakan realisasi penjualan secara global tahun lalu mencetak rekor baru dengan tumbuh 11,2 persen menjadi 9,07 juta unit. Pertumbuhan penjualan terjadi karena didorong naiknya permintaan di pasar Cina dan Amerika Serikat.

Presiden Direktur Volkswagen Christian Klingler mengatakan penjualan global Volkswagen pada Desember 2012 melonjak 20,7 persen menjadi 784.300 unit mobil. Meski demikian, penjualan tahunan untuk pasar Eropa, tidak termasuk Jerman, tahun lalu turun 6,5 persen menjadi 1,85 juta unit seiring dengan krisis utang yang melanda Zona Euro.

“Ketidakpastian kondisi saat ini kami harapkan akan mampu dikompensasi dengan penjualan di 2013, khususnya untuk pasar Eropa Barat,” ujarnya, sembari mengatakan saat ini kompetisi kian ketat.

VW juga menargetkan penjualan di Amerika Serikat, termasuk penjualan varian mobil sport Porsche, menjadi lebih dari 600 ribu unit tahun ini. Perseroan memiliki target untuk menjadi produsen otomotif terbesar di dunia. Dengan realisasi penjualan di 2012, VW hampir mendekati Toyota Motor Corp yang memproyeksikan realisasi penjualan di 2012 naik 22 persen menjadi 9,7 juta unit.

Direktur Volkswagen Martin Winterkorn optimistis akan meraih pertumbuhan penjualan di masa mendatang. “Sektor industri ini merupakan yang masih bisa tumbuh di dunia dan di negara ini,” ucapnya.

REUTERS | AFP | ABDUL MALIK

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi