Rem Bermasalah, Honda Recall 250 Ribu Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Kamis, 14 Maret 2013 18:54 WIB
hondapilot2011.net

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan mobil asal Jepang, Honda Motor Co Ltd, akan menarik kembali (recall) sebanyak 250 ribu unit mobil secara global akibat masalah rem. Manajemen Honda, Kamis, 14 Maret 2013, mengumumkan model yang akan di-recall termasuk model crossover sport utility vehicle (SUV), Acura MDX dan Pilot, serta sedan Odyssey dan Acura RL yang diproduksi antara 2004-2005.

Juru bicara Honda Tomoko Takemori mengatakan stabilitas sistem pengereman pada mobil yang ditarik itu kemungkinan tidak berfungsi dan bisa mengerem sendiri meskipun pengemudi tidak menginjak pedal. “Pengereman mobil itu juga lebih kuat dari yang diinginkan pengemudi ketika sistem tidak berfungsi,” ujarnya seperti dikutip Reuters.

Honda menarik kembali sebanyak 183.500 unit mobil di Amerika Serikat dan sekitar 57 ribu unit mobil di Jepang. Mobil di Kanada, Meksiko, Jerman, Australia, dan Selandia Baru juga ditarik kembali. Belum ada laporan insiden kecelakaan yang terkait masalah rem tersebut.

Takemori menolak menjelaskan berapa dana yang dihabiskan Honda untuk biaya recall tersebut. Harga saham Honda turun 0,4 persen menjadi 3.725 yen pada Kamis atau lebih rendah dari kinerja indeks Nikkei yang tumbuh 1,2 persen.

Pada pertengahan Desember tahun lalu, Honda juga mengumumkan penarikan kembali sebanyak 871 ribu unit mobil akibat masalah  pada kunci otomatis, yakni mobil masih tetap bisa menggelinding meskipun kunci kontak telah dicabut. Model-model yang ditarik di antaranya kendaraan sport utility vehicle (SUV) dan minivan.

Manajemen Honda menyatakan komponen di bagian dalam kunci bisa aus atau rusak sehingga bisa mengakibatkan mobil masih bisa menggelinding. “Jika transmisi dan rem parkir tidak diatur, maka kendaraan masih bisa menggelinding dan bisa mengakibatkan tabrakan,” ujar manajemen Honda.

Recall itu dilakukan kepada 318 ribu unit mobil minivan Odyssey, 259 ribu unit Pilot crossovers dari model tahun 2003-2004, dan 230 ribu unit Acura MDX crossovers dari model tahun 2003-2006. Penarikan itu di antaranya 807 ribu unit mobil dari konsumen di Amerika Serikat dan 64 ribu unit dari luar Amerika, termasuk 52 ribu unit di Kanada.  Honda Amerika mengatakan akan mulai mengirimkan surat recall ke konsumen mulai Februari 2013.

Otoritas Amerika Serikat pada Oktober 2012 telah mulai menyelidiki model Odyssey dan Pilot tahun 2003-2004 setelah menerima 43 komplain dari konsumen, termasuk beberapa laporan luka-luka akibat kecelakaan karena masalah kunci itu. Kantor Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya (NHTSA) Amerika menyatakan masalah kunci itu mengakibatkan mobil Honda hanya bisa berhenti setelah menabrak mobil-mobil lain, pagar, pohon, dan kotak surat.

REUTERS | ABDUL MALIK

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi