Mobil Listrik Tercepat di Dunia Tengah Disiapkan
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Jumat, 5 April 2013 21:49 WIB
Renault Zoe yang merupakan mobil listrik asal Perancis ini mampu berkeliling hingga 210 kilometer sekali charging. honestjohn.co.uk

TEMPO.CO, Detroit -Mobil bertenaga listrik identik dengan kecepatan yang kurang. Anggapan itu perlahan mulai luruh. Baru-baru ini perusahaan batere mobil listrik memproduksi pembangkit tenaga yang bisa membuat laju mobil hingga kecepatan 250 km per jam.

Detroit Electric, nama perusahaan itu, akan memproduksi mobil yang dinamai SP:01 ini akan diproduksi terbatas, hanya 999 unit. Harganya lumayan. Diperkirakan sekitar US $ 135 ribu, sekitar Rp 1,3 miliar.

Mobil yang menggunakan batere ini mampu melaju hingga kecepatan 100 km per jam hanya dalam 3,7 detik. Untuk mengisi tenaga, sekali colok listrik sampai penuh, butuh 4 jam 20 ment. Sekali isi tenaga bisa menempuh 300 kilometer. Dengan kecepatan ini, SP:01 bisa menyaingi mobil sport listrik Telsa Roadster. Urusan kecepatan Roadster tak bisa sekencang SP:01, hanya 200 km per jam.

Detroit Electric sebenarnya perusahaan lawas. Perusahaan ini berdiri pada 1907. Dulu mereka membangun mobil bertenaga listrik. Namun pada 1939 perusahaan ini mati. Lima tahun lalu, beberapa pihak mencoba menghidupkan nama perusahaan ini lagi. China's Youngman Automotive Group menjalin kerja sama dengan Zap, sebuah perusahaan mobil listrik di California. Mereka menyewa Lotus Engineering untuk mendesain dan menyelesaikan masalah teknisnya. Setahun kemudian, Albert Lam, CEO Lotus justru bergabung dalam Detroit Electric sebagai CEO Detroit Electric.

Mereka akan memproduksi secara terbatas mobil dengan dua kursi ini mulai Agustus. Mobil itu akan diproduksi di pabrik khusus Detroit dengan kapasitas produksi 2.500 unit per tahun. Mobil jenis lainnya yang tak kalah gahar akan diproduksi pada 2014.

Di tengah harga minyak dan kerusakan alam akibat polusi bahan bakar, mobil bertenaga listrik memang menjadi pilihan. Kaum tajir yang peduli lingkungan suka membeli mobil kategori green car ini. Diantaranya pendiri Google Sergey Brin dengan mobil hybrid keluaran Toyota, Prius. Serta Elon Musk, pendiri Paypal, yang memilih Tesla Roadstar.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

Baca juga:Mazda Indonesia Tak Terganggu Recall di AustraliaMobil General Motors Diklaim Hemat Bahan Bakar Pameran Otomotif Medan 2013 Digelar Maret2013, Honda Targetkan Penjualan Naik 15-20 PersenTopik Terhangat: Edsus Guru Spiritual Seleb || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo|| Nasib Anas

#Industri Otomotif

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi