Daihatsu Tidak Akan Produksi Sedan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Rabu, 10 April 2013 17:57 WIB
Technical Service Div.Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ahmad Ayaufi (kiri), Marketing Division Head PT AI-DSO Hendrayadi (kedua Kiri), Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra (kedua kanan) dan After Sales Service & Logistics Div.Head PT ADM Lili Herman (kanan) memberikan penjelasan saat konfrensi pers Daihatsu Recall Gran Max dan SIrion di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (29/5). ANTARA/Zabur Karuru

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan Daihatsu tidak akan meluncurkan produk sedan di Indonesia. Selera pasar Indonesia yang lebih memilih mobil seven-seater menjadi pertimbangan mengapa Daihatsu enggan memproduksi sedan.

"Brand lain meluncurkan sedan, prinsipal kami di Jepang punya banyak sedan, tapi kami tidak mau mengeluarkan di Indonesia karena tidak akan laku," katanya di Sunter, Rabu, 10 April 2013.

Menurut dia, dalam memproduksi, Daihatsu menganut konsep market in product di mana produksi akan didasarkan pada apa yang diinginkan masyarakat. Sesuai budaya Indonesia, masyarakat, kata Amelia, cenderung memilih mobil yang berkapasitas tujuh orang karena bisa memuat keluarga atau teman mereka. "Mengeluarkan produk tapi tidak laku bukan suatu konsep yang dianut Daihatsu," katanya.

Dalam lima tahun ke depan, Amelia memprediksi jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) yang berkapasitas tujuh orang masih akan mendominasi pasar Indonesia. Tapi, mobil seven-seater ini akan mendapatkan saingan, yaitu jenis mobil city car, apalagi dengan kehadiran murah ramah lingkungan. "City car perlahan akan naik, tapi mobil seven-seater masih akan mendominasi, walaupun akan banyak pemain city car yang menaikkan porsi," katanya.

Penjualan mobil Daihatsu diprediksi akan datar pada 2013. Penjualan diprediksi mencapai sekitar 165 ribu unit, penjualan tahun 2012 sendiri mencapai 163.068 unit. Penjualan 2012 naik dibandingkan 2011 yang mencapai 137.166 unit. Penjualan terbanyak dikontribusikan oleh Daihatsu Xenia dengan 73.314 unit, atau 45 persen dari total penjualan. Penjualan terbesar kedua adalah mobil pikap dengan 38.170 unit, atau 23 persen dari penjualan total.

ANANDA TERESIA

Topik terhangat:Partai Demokrat | Agus Martowardojo | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Berita lainnya:Tengok Cuitan Anas Urbaningrum Soal SMS Mantan Pangdam IV: Komnas HAM Jangan Didengar SBY: 1.000 Persen Ibu Ani Tak Terlibat Hambalang Dirut MRT Irit Bicara, Ahok: Bagus Dong!'SBY Tak Percaya Orang Lain Selain Dirinya Sendiri'

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi