Aston Martin Akan Rilis Mobil Tenaga Hidrogen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Rabu, 17 April 2013 10:45 WIB
Produsen mobil asal Inggris, Aston Martin memproduksi dan merilis mobil terbarunya pada tahun 2013 yaitu Aston Martin Rapide S 2013. cartype.com

TEMPO.CO, Jakarta -- Pabrikan mobil sport asal Inggris, Aston Martin, akan meluncurkan mobil bertenaga hidrogen hibrida pertama di dunia. Mobil ini bisa diberi bahan bakar bensin, hidrogen, atau campuran keduanya (hibrida). Mobil ini akan dijajal dalam ajang balap dan ketahanan mobil 24 di jam Nurburgring, Jerman, 19 Mei nanti.

Mobil dengan nama Hybrid Hydrogen Rapide S akan jadi mobil dengan emisi CO2 nol dalam ajang balap 24 jam Nurburgring.

Untuk memproduksi mobil ini, Aston Martin Bekerja menggandeng perusahaan ahli hidrogen, Alset Global, untuk mengembangkan prototipe twin turbocharged V12 6.0-liter. Dengan tenaga ini, mobil yang didasarkan pada model terbaru produksinya bisa meraih kecepatan 100 km per jam dalam 4,7 detik. Kecepatan terbaiknya bisa mencapai 310 km per jam. Walau tak sekencang mobil sport berbahan bakar bensin murni, knalpot mobil ini bisa tak mengepulkan asap. Jika pakai hidrogen murni, yang keluar hanya air.

Chief Executive Officer Aston Martin, Ulrich Bez, mengatakan peluncuran Hybrid Hydrogen Rapide S ini juga untuk merayakan ulang tahun keseratus Aston Martin pada 2013. "Kami ingin memadukan kegembiraan, inovasi, dengan gaya, juga waktu yang tepat untuk melihat ke masa depan dengan mobil balap menakjubkan," ujarnya.

Sistem Hidrogen Hybrid terdiri atas rangkaian bahan bakar hidrogen, tangki penyimpanan dan sistem manajemen mesin. Hal ini memungkinkan fleksibilitas dalam kontrol proses pembakaran sesuai dengan setiap mode mengemudi tertentu. Memakai hidrogen murni, bensin, atau campuran sewenang kedua dapat dipilih untuk menapatkan tenaga yang optimal, akselerasi, dan pengurangan emisi CO2. Sistem ini mencakup empat tangki serat karbon ultra tinggi seberat 3,5 kg untuk menyimpan hidrogen pada tekanan 350 bar. Sistem hidrogen ini dikembangkan oleh Alset Global.

Dengan suplai tenaga yang ramah lingkungan ini memberikan kinerja Hybrid Hydrogen sekelas mobil sport, tapi dengan jejak karbon lebih mirip dengan sebuah supermini. Hybrid Hydrogen mobil balap didasarkan pada model Rapide S empat pintu yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

HYBRIDCAR | NUR ROCHMI

Topik Terhangat: Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga: EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad MayaBom Boston, Ini Kesaksian Jurnalis Boston.comBom Boston Sebenarnya Ada 7, Meledak 2Wawancara dengan Ustad Berpengaruh di New York

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi