Daihatsu Klaim Jual 7.000 All New Xenia
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Kamis, 13 Juni 2013 05:02 WIB
Sejumlah mobil All New Xenia keluaran terbaru Daihatsu bersiap menjalani test drive di Ciwidey, Bandung (19/5). Sepuluh mobil disediakan panitia dalam acara ini. Tempo/Nur Haryanto

TEMPO.CO , Jakarta:PT Astra Daihatsu Motor menyatakan All New Xenia yang diluncurkan pada Mei silam sudah terjual antara 6.500 - 7.000 unit. "Untuk total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), lebih dari itu," kata Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor, Rio Sanggau seusai konferensi pers kerjasama dengan Manchester City, Rabu, 12 Juni 2013.

Daihatsu Xenia diproduksi di pabrik yang sama dengan Avanza di Daihatsu Sunter dan Karawang. Dua pabrikan ini baru saja diresmikan April silam. Kepala Wilayah DKI 1 Astra International Daihatsu Sales Operation, Harry Kamora, mengatakan perusahaan menjawab permintaan konsumen mengenai keselamatan. "Kini Xenia memberi tambahan fitur, seperti airbags, sabuk pengaman, dan alat navigasi," kata dia di sela test drive All New Xenia, Sabtu, 18 Mei 2013.

Mengenai spesifikasi tambahan di All New Xenia, Public Relations Department Head Astra Daihatsu Motor, Agus Nardianto, mengatakan telah melengkapi sistem keamanan dan kenyamanan Xenia. "Untuk kenyamanan mulai dari ketebalan jok, penambahan kekedapan kabin sampai dengan head rest," katanya.

Namun, Daihatsu Xenia mulai terus menyaingi saudara kembarnya, Avanza. Sejak lahirnya Xenia tahun 2004, Astra Daihatsu Motor (ADM) telah melempar setengah juta unit ke tangan konsumen. "Sampai tahun 2012, total unit Xenia yang sudah sampai di konsumen itu ada 400 ribu unit. Untuk Avanza sudah mencapai 1 juta unit," Harry mengklaim.

Dari sisi penjualan untuk Jakarta, ADM memiliki 33 outlet di empat wilayah, 18 outlet berstatus 3S (Sales Service Spare Part), 15 outlet sisanya melayani penjualan.  Wilayah Bodetabek terdapat 27 outlet, 17 outlet 3S, dan 10 untuk penjualan. "Persaingan mulai keras, apalagi produk lain memberikan diskon besar," ujar Harry.

MARIA YUNIAR

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi