Pabrik Nganggur, Lexus Malah Bikin Sepeda
Reporter: Tempo.co
Editor: A.a.Gde Bagus Wahyu Dhyatmika
Sabtu, 13 Juli 2013 08:26 WIB
Sepeda Lexus ETT

TEMPO.CO, Tokyo - Setelah mengembangkan mobil sport mewah Lexus LFA, lini premium dari Toyota, Lexus, kini justru bikin sepeda.

Konon, strategi ini diambil karena Toyota bingung dengan nasib pabrik mewahnya usai memproduksi Lexus LFA. Seri mewah itu memang hanya dibuat 500 unit dan sudah selesai Desember 2012 lalu. Konon agar ada pekerjaan, pabrik Motomachi Toyota Motor Corp di Toyota City itu diberi pekerjaan untuk merakit sepeda.

Tentu alasan ini dibantah Lexus.  Menurut satu publikasi, pabrik perakit Lexus LFA dipilih sebagai tempat yang paling tepat untuk merakit Lexus F Sport Roadbike karena presisi dan kualitas tim  di sana. Sejak Januari hingga Maret 2013 kemarin, pabrik itu sudah menelorkan 100 sepeda Lexus.

Sama seperti seri Lexus LFA, sepeda buatan Lexus ini tentu bukan kereta angin biasa. Sepeda sport ini buatan tangan. Hampir semua bagiannya terbuat dari serat karbon ringan, yang kuat dan mahal. Bodinya terbuat dari serat karbon, membuat bobotnya menjadi 15 kilogram.

Naoki Watanabe, manajer penjualan dan pemasaran Lexus menyatakan, setiap senti bingkai serat karbon dipoles dengan tangan selama tiga jam untuk memperoleh permukaan cemerlang standar Lexus.

Di Jepang, Lexus F Sport Roadbike dijual seharga 1 juta yen atau sekitar Rp 100 juta. Watanabe mengatakan, kini sudah ada 35 pesanan.

Langkah Lexus ini seperti mengikuti langkah pabrikan Eropa yang memproduksi pernik-pernik di luar mobil. Porsche dan BMW juga memproduksi sepeda. Tentunya bukan sembarang sepeda, melainkan sepeda super berharga 'mewah'.

NUR ROCHMI | AUTONEWS

Berita Otomotif Lainnya:Mobil Dilengkapi Sensor KesehatanJaguar Rilis Mobil Balap Project-7Tiap Tahun, Land Rover Investasi 2 Miliar Pounds  Penjualan Motor Sport Tak Terpengaruh Mobil MurahFord Tarik 465 Ribu Mobil

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi