Volvo Luncurkan Truk Tambang dan Konstruksi
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Rabu, 4 September 2013 13:56 WIB
Logo Volvo. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

TEMPO.CO, Jakarta -Indonesia masih menjadi pasar yang menjanjikan bagi truk untuk industri. Volvo Group, produsen truk untuk industri tambang, hari ini meluncurkan Quester, produk heavy duty terbaru yang dibuat untuk mengisi pasar Indonesia. "Volvo Group dengan solusi transportasi dan infrastruktur jekas dunia akan terus melakukan ekspansi di pasar Indonesia," kata Executive Vice President Volvo Group, Joachim Rosenberg, pada Indonesian Mining Expo di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu, 4 September 2013.

Quester yang diluncurkan di Indonesia adalah Quester 6X4 Tipperdan 6X4 Tractor bermesin 11 liter. Truk ini merupakan truk heavy duty yang didesain khusus untuk industri pertambangan dan konstruksi. Joachim mengatakan, Quester diharapkan dapat mengisi berbagai sektor, tidak hanya spesifik untuk industri pertambangan.

"Spesifikasi truk ini lebih lengkap dengan peningkatan tenaga, pengurangan bahan bakar serta penguatan struktur. Dengan kelengkapan ini, kami berharap bisa menyasar industri konstruksi dan pertambangan," kata Joachim. Menurut dia, dengan berkembangnya infrastruktur di berbagai proyek di Indonesia, keberadaan Quester akan mendukung pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Selain Quester, Volvo Group juga mengandalkan Volvo FMX 480 10x4 Tipper. Produk-produk lain yang menjadi andalan adalah FH16, FMX, 10x4, FMX, 8x4, dan FMX 6x4. "Semua produk ini dikenal hemat bahan bakar dan daya tahan khususnya di segmen tambang," katanya. Hingga kini, kata Joachim, Volvo Groups telah menjual lebih dari 5 ribu unit truk di Indonesia dan penjualan diharapkan akan terus naik. Sayangnya Volvo menolak menyebutkan target penjualan produk-produk mereka.

Volvo Group juga mengandalkan truk yang bermerek Renault Trucks untuk pasar di Indonesia. Joachim mengatakan Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia untuk Renault Trucks. Fokus Renault Trucks adalah operasi logging dan tambang. Beberapa produk Renault Trucks yang menjadi andalan adalah Renault Kerax seperti Kerax XTREM 6x4 Tipper, Kerax XTREM 8x4 Tipper, dan Kerax XTREM 6x4 Chasis. 

ANANDA TERESIA 
 
#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi