Tahun Depan, Toyota Pasarkan Mobil Hidrogen
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Rabu, 8 Januari 2014 12:25 WIB
Produsen otomotif Toyota memamerkan mobil konsep FCV pada acara Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight convention hall, Tokyo, (20/11). (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

TEMPO.CO, Las Vegas Ajang Consumer Electronic Show (CES) 2014 di Las Vegas memacu Toyota untuk segera merealisasikan mobil bertenaga hidrogen. Selasa kemarin, 7 Januari 2014, produsen otomotif asal Jepang itu mengumumkan akan memasarkan mobil hidrogen pada 2015. Mobil ini akan memakai hidrogen untuk mengisi baterainya.

Walau memakai hidrogen, dibanding supercar, mobil ini termasuk lumayan. Sekali isi, mobil ini bisa dipakai menempuh jarak 500 kilometer. Untuk mengisi hidrogennya juga tak lama, sekitar 3-5 menit. Akselerasi mobil ini juga lumayan kencang, kecepatan 100 kilometer per jam bisa diraih hanya dalam tempo 10 detik. Mobil ini jelas ramah lingkungan. Residu yang keluar dari knalpotnya juga bukan asap, tapi uap air.

Rencana merealisasikan mobil hidrogen ini sebenarnya sudah lumayan lama. Namun Toyota menunggu infrastrukturnya siap. Bob Carter, Senior Vice President of Automotive Operations Toyota Motor Sales U.S.A. Inc, menyatakan infrastruktur pengisian bahan bakar ini harus disiapkan dulu. California telah menyetujui dana US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun untuk membangun sekitar 20 stasiun pengisian bahan bakar (SPBB) pada 2015, 40 SPBB pada 2016, dan 100 SPBB pada 2024.

Toyota mengatakan, fase pertama ada 10 ribu unit kendaraan yang akan diproduksi dan didukung hanya 68 SPBB sepanjang San Francisco ke San Diego. Toyota menyatakan akan fokus pada penjualan mobil di California dulu. Mereka menggandeng para peneliti dari University of California. Untuk harganya, mobil ini akan dibanderol lumayan, antara Rp 600 juta hingga Rp 1,2 miliar.

NUR ROCHMI | NPR

Berita TerpopulerSatu Lagi, Penampilan Saltum Agnes Monica  Abraham Samad Marah Anas Mangkir Diperiksa KPK  Uang Suap Rudi Mengalir ke Sutan Bhatoegana Anas Sudah di Area Gedung KPK, Kenapa Tak Masuk?   Soal Pacar Cut Tari, Farhat Abbas Yakin Benar  

#Industri Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi