Tren 2014 : MPV dan Mobil Murah Diburu Konsumen
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Kamis, 6 Februari 2014 05:32 WIB
Seorang model memperkenalkan produk terbaru PT Honda Prospect Motor, Honda Brio Satya dalam peluncurannya, di Jakarta, Rabu (11/9). PT Honda Prospect Motor meluncurkan tiga tipe mobil murah new Honda Brio Satya. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO , Jakarta- Pengamat Otomotif Suhari Sargo mengatakan bahwa kendaraan multiguna atau multi purpose vehicle (MPV) diprediksi masih akan menjadi tren pada 2014. Hal ini karena karateristik dan perilaku hidup orang Indonesia yang memanfaatkan mobil tidak hanya sebagai kendaraan pribadi juga sebagai sarana tarnsportasi keluarga besar dan usaha.

“Biasanya orang Indonesia di akhir pekan akan memanfaatkan mobil untuk sarana angkutan keluarga besar, selain itu mobil MPV juga bisa dimanfaatkan untuk sarana usaha, yaitu digunakan untuk membawa barang dagangan,” ujar Suhari ketika dihubungi, Rabu, 5 Februari 2014. (Baca juga : Mobil Murah Siap Geser Pasar MPV)

Selain MPV, mobil jenis sedan dan sport utility vehicle (SUV) juga diprediksi masih akan populer di 2014. Hal ini karena kedua tipe mobil tersebut banyak dipakai di kota besar yang mempunyai pertumbuhan kelas menengah cukup tinggi. “Banyak kan pejabat juga yang mengendarai mobil tipe sedan mewah, selain itu kelas menengah perkotaan juga banyak yang mencari mobil SUV,” ujar Suhari.

Untuk mobil murah menurut Suhari tidak bisa dipandang sebelah mata. Jenis mobil ini juga diprediksi akan menarik minat konsumen. Dengan harga beli yang terjangkau serta fitur yang tidak kalah canggih, maka konsumen akan memburunya. “Beberapa produsen mobil juga telah gencar mempromosikan mobil murah mereka, walaupun mereka tidak secara ekplisit menyebut itu mobil murah,” ujar Suhari. (Lihat juga : 2019, Mobil Murah Wajib Seratus Persen Komponen Lokal)

Gaikindo mencatat tahun lalu penjualan mobil nasional mencapai 1,23 juta unit, atau naik dibanding 2012 sebanyak 1,16 juta unit. Dari angka tersebut, total penjualan mobil jenis SUV di 2013 masih minim, sebesar 66.179 unit. Adapun mobil SUV terbanyak sepajang tahun lalu dijual oleh Honda CR-V (20.385 unit), lalu disusul oleh Toyota Fortuner (17.475 unit), Mitsubishi Pajero Sport (11.285 unit), dan Mitsubishi Outlander (4.706 unit).

GALVAN YUDISTIRA

Terpopuler :2018, Industri Otomotif Indonesia Akan Salip Thailand  Porsi Ekspor LCGC Ditambah hingga 30 PersenMobil Murah Siap Geser Pasar MPVDaihatsu Targetkan Ekspor 6.000 Unit Mobil Murah

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi