Avanza Indonesia Rambah 44 Negara  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 16 Juni 2014 13:58 WIB
All New Toyota Avanza (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Astra Daihatsu Motor, anak perusahaan Toyota Group, hari ini meresmikan ekspor perdana Avanza ke negara Timur Tengah. Dengan masuknya Avanza ke Timur Tengah, maka total ada 44 negara di seluruh dunia yang telah menikmati mobil buatan pabrikan Indonesia itu.

"Avanza resmi memasuki pasar Timur Tengah, yaitu Arab Saudi, Omar, Kuwait, Qatar, Bahrain, dan Yaman," kata I Made Dana Tangkas, Direktur Toyota Manufacturing Indonesia, dalam konferensi pers "Avanza Export to the Middle East" di Jakarta, Senin, 16 Juni 2014.

Sebelum Avanza, mobil pabrikan Toyota, yaitu Innova dan Fortuner, juga telah memasuki pasar Timur Tengah. "Kami menargetkan bisa menguasai 30 persen pasar mobil di sana," kata Made.

Menurut Made, negara-negara Timur Tengah menyambut baik mobil pabrikan dari Indonesia. Hal itu disampaikan duta besar negara Timur Tengah yang dijumpainya beberapa waktu lalu. "Mereka lebih pilih mobil dari Indonesia. Selain karena kualitas, mungkin juga karena kita sama-sama muslim. Seperti kalau makanan ada standar halalnya," katanya sambil tertawa. (Baca: Astra Ekspor Perdana Avanza ke Timur Tengah)

Kompetitor Avanza sendiri untuk memasuki negara Timur Tengah, kata Made, adalah mobil-mobil SUV buatan Amerika Serikat. "Kalau buatan Amerika sudah lebih lama masuk dari kami," ujarnya.

Astra Daihatsu Motor hari ini resmi mengekspor perdana 5.000 unit mobil Avanza utuh ke Timur Tengah. Namun, kata Made, pihaknya belum bisa memberi tahu berapa total ekspor Avanza yang akan menyusul. "Di Indonesia, kapasitas pabrik perakitan mobil kami mencapai 250 ribu unit per tahun. Jadi kami optimistis angka ekspor ke Timur Tengah akan bertambah bagus," katanya.

INDRI MAULIDAR

TerpopulerManning: Sejak Awal Publik Dibohongi soal IrakPria Ini Menelan BlackberryPenulis Buku MH370: Pesawat Sengaja Dilenyapkan

#Industri Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi