Honda Astra Motor Buka Pabrik Baru di Karawang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Rabu, 12 November 2014 10:40 WIB
Karyawan PT Astra Honda Motor sedang merakit sepeda motor Honda BeAT. Sampai dengan kuartal I Honda BeAT telah terjual sebanyak 314.263 unit atau tumbuh sebesar 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. (Dok. AHM)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Honda Motor akan membuka pabrik baru di Karawang, Jawa Barat. Dengan pembukaan pabrik keempat ini, diharapkan kapasitas produksi AHM akan meningkatkan menjadi 5,3 unit per tahun.

"Pabrik keempat sepeda motor kami rencananya diresmikan Desember," kata Executive Vice Presiden PT AHM Johannes Loman di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa, 11 November 2014. (Baca: 80 Pengunjung IMoS 2014 Pesan Motor Gede Honda)

Menurut Loman, nilai investasi pabrik baru itu sebesar Rp 3,3 triliun dengan kapasitas produksi sebanyak 1,1 juta unit per tahun. Nilai ini akan meningkatkan kapasitas produksi PT AHM dari 4,2 juta unit menjadi 5,3 juta unit per tahun. Selain pabrik baru di Karawang, PT AHM telah memiliki tiga pabrik lain yaitu di kawasan Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang.

Loman menjelaskan, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, pabrik ini juga diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke beberapa negara. Sayangnya, ia enggan menyebut ke negara mana saja tujuan ekspornya. "Kalau saya sebut sekarang enggak surprise dong, nanti Desember saja," katanya. (Baca: Tiga Hari Pameran di IMoS, Honda Jual 290 Sepeda Motor)

Dia mengatakan potensi pasar Indonesia untuk kendaraan sepeda motor cukup tinggi, yaitu 7,9-8 juta unit per tahun. Untuk tahun ini, Honda sendiri menargetkan jumlah penjualan dalam negeri mencapai 5 juta unit per tahun atau sekitar 65 persen dari pangsa pasar nasional. (Baca: Maret, Penjualan Motor Sport Honda Naik 43 Persen)

AMIRULLAHTerpopulerFord Lansir Teaser All New Everest 80 Pengunjung IMoS 2014 Pesan Motor Gede Honda 80 Pengunjung IMoS 2014 Pesan Motor Gede HondaIIMS 2014, Toyota Sumbang 37 Persen Penjualan Miss Motor Show 2014 Fasih Tiga Bahasa

#Industri Otomotif
#PT Astra Honda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi