Penjualan Mobil Bekas di Palembang Tak Bergairah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 22 Juni 2015 21:48 WIB
Showroom mobil bekas. TEMPO/Dinul Mubarok

TEMPO.COJakarta - Transaksi perdagangan mobil bekas di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, pada Juni 2015 lesu dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang menunjukkan peningkatan saat memasuki Ramadan.

"Penjualan mobil belum ada tanda-tanda peningkatan, padahal biasanya memasuki bulan Ramadan trennya meningkat karena banyak masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk jalan-jalan atau bersilaturahmi ke rumah keluarga dan mudik Lebaran," kata pemilik Cipto Motor, Ismail, di Palembang, Senin, 22 Juni 2015.

Dia menjelaskan, saat ini angka penjualan mobil paling banyak tiga unit setiap bulan, padahal biasanya bisa di atas tujuh. 

Sedikitnya mobil yang terjual, selain dipengaruhi harga komoditas hasil perkebunan rakyat yang belum menunjukkan pergerakan pada posisi harga tinggi, dipengaruhi kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akhir-akhir ini yang mengikuti harga pasar dunia.

Dalam kondisi sulit sekarang ini, pihaknya berupaya bertahan menjalani bisnis yang ditekuni sejak enam tahun terakhir itu antara lain dengan memangkas keuntungan, bahkan sering terpaksa menjual mobil dengan harga modal.

Berdasarkan pengalamannya, biasanya memasuki dua pekan bulan Ramadan banyak konsumen yang membeli mobil untuk keperluan mudik lebaran.

Sementara itu, pengelola penjualan mobil bekas Bukit Maju Motor, Leman, membenarkan kabar bahwa penjualan mobil sekarang ini masih lesu. "Sejak awal bulan ini belum ada satu pun mobil yang terjual," katanya.

Sepinya penjualan mobil akhir-akhir ini membuat pihaknya tidak bisa menetapkan harga jual tinggi, bahkan sering terpaksa melepas pada posisi harga di bawah standar.

Mobil bekas sekarang ini dijual dengan harga relatif rendah. Mobil Yarris tipe E transmisi manual keluaran 2006 ditawarkan Rp 118 juta per unit, Xenia Li Sporty 1.0 2007 Rp 105 juta, Avanza 2004 Rp 103 juta, Kijang Innova tipe G 2005 Rp 145 juta, Terios TX 2007 Rp 145 juta, Honda Jazz 2008 Rp 128 juta, dan sedan Toyota Vios 2003 Rp 105 juta.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi