Oli dan Kanvas Rem Suku Cadang Paling Dicari Menjelang Mudik
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 14 Juli 2015 17:10 WIB
Dok.TEMPO/ Bagus Indahono

TEMPO.CO, Jakarta - Oli dan kanvas rem menjadi suku cadang yang paling dicari para pengendara sepeda motor sebelum mudik Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Biasanya dua minggu sebelum Lebaran ramai ganti spare part," kata Denis Iskandar, pengelola Iskandar Motor, di kawasan Kampung Melayu kepada Antara News, Selasa, 14 Juli 2015.

Umumnya yang paling banyak terjual menjelang musim mudik adalah yang berkaitan langsung dengan mesin, seperti oli, karena kendaraan akan menempuh perjalanan yang jauh.

Selain kanvas rem dan oli, menurut Oktavianus, karyawan Mitra Motor, lampu depan penting untuk diperhatikan pengendara sebelum menempuh perjalanan jauh.

"Ada juga yang bawa cadangan lampu depan saat perjalanan jauh," katanya.

Ihwal penggunaan oli, kata Supri, karyawan Hoki Motor, biasanya disesuikan dengan jenis motor.

Motor matic umumnya menggunakan oli yang lebih cair ketimbang motor yang berkopling.

Selain itu, ban tidak kalah penting untuk dicek sebelum perjalanan. Ban yang sudah botak sebaiknya segera diganti agar tidak membahayakan keselamatan pengendara.

Harga suku cadang di Jalan Otista, Kampung Melayu, beragam. Kanvas rem dijual dengan harga Rp 25.000-Rp 50.000, oli Rp 20.000-Rp 100.000, ban dalam sekitar Rp 25.000, ban luar sekitar Rp 135.000, dan lampu depan mulai Rp 20.000.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi