Pasang Surut Pasar Mobil Pick Up, Ini Detail Penjualannya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 4 Agustus 2015 20:15 WIB
4. Ram 1500Model : truk pikapPabrikan : DodgeEfek terburuk : tubrukan samping dan kerusakan setelah jatuh tergulingHarga : US$ 22.120 atau Rp 209.31 jutaAngka penjualan 2011 : 156.983Nilai : 2 dari 5. Onbasecarsales.com

TEMPO.CO, Jakarta - Penjualan mobil segmen pick up kelas satu ton atau kabin ganda semakin berat. Meski demikian tahun ini beberapa pabrikan tetap berharap di segmen ini tetap tersebut tetap bisa mendulang untung. Caranya, pabrikan menyegarkan produk andalannya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada semester I/2015 penjualan pick up satu ton mencapai 8.220 unit. Jumlah itu diperoleh dari penjualan Nissan Navara 350 unit, Mitsubishi Strada Triton 3.232 unit, Isuzu D-Max 296 unit, Ford Ranger 689 unit, Toyota Hilux 3.640 unit, dan Mazda BT-50 mencapai 13 unit.

Pada periode tersebut Chevrolet Colorado tidak membukukan penjualan. Gaikindo menggabungkan penjualan Hilux baik jenis kabin ganda atau bukan dalam satu catatan. Adapun penjualan pick up kabin ganda pada semester pertama tahun lalu tercatat mencapai 10.769 unit. Sepanjang 2014, penjualannya mencapai 19.976 unit. Jumlah itu diperoleh dari penjualan Nissan Navara 334 unit, Mitsubishi Strada Triton 7.201 unit, Isuzu D-Max 389 unit,.

Selanjutnya Ford Ranger terjual 2.669 unit, Toyota Hilux 9.206 unit, Mazda BT-50 mencapai 145 unit, dan Chevrolet Colorado mencapai 32 unit. Pada paruh pertama 2013 penjualan pikap satu ton di pasar mobil Tanah Air menapak jumlah 17.181 unit. Sedangkan sepanjang tahuntersebut penjualannya sebanyak 28.845 unit.

Selama tahun tersebut penjualan Nissan Navara mencapai 602 unit, Mitsubishi Strada Triton 8.548 unit, Isuzu D-Max 963 unit, Ford Ranger 3.232 unit, Toyota Hilux 14.129 unit, Mazda BT-50 mencapai 703 unit, dan Chevrolet Colorado mencapai 667 unit.

Menurut Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto, dalam kurun waktu dua tahun ke belakang pick up kabin ganda secara fungsi masih dicari konsumen. Artinya, mobil segmen tersebut memang dibeli oleh instansi atau perusahaan yang membutuhkan ketangguhannya seperti di sektor tambang atau perkebunan.

Dari kalangan pehobi yang menggandrungi pick up satu ton juga terus bertumbuh. Kendaraan ini dianggap mewakili kesan yang maskulin, tangguh dan cocok dipakai bagi penyuka petualangan dan tantangan. “Walau turun pasarnya tetap ada karena fungsi dan kesan trendi. Sehingga merek yang memiliki segmen ini tak khawatir mengeluarkan produk baru walau pasarnya lesu,” ujarnya, Senin, 3 Agustus 2015.

Menurut General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin, meski pasarnya terbatas tapi dalam jangka panjang akan stabil. Saat ini, analisisa dia, perbandingan konsumen privat dan instansi di kelas kabin ganda 1:5. 

Dia menilai, tahun ini banyak merek yang melakukan penyegaran di segmen ini karena merupakan siklus global. Artinya, hampir setiap merek di dunia yang memiliki segmen ini melakukan pembaruan produk pada 2015. “Walau terbatas pasarnya cenderung stabil,” ujarnya.

NMI adalah salah satu yang melakukan penyegaran terhadap Navara pada awal tahun ini. All New NP 300 Navara ditargetkan terjual 1.500 unit pada 2015. All New NP Navara saat ini dipasarkan dalam dua model.

Model pertama adalah mid grade SL, yang ditujukan untuk menyasar pasar bagi pelaku bisnis pertambangan, perminyakan, atau perkebunan. Model kedua adalah high grade VL yang diharapkan dapat mengisi ceruk pasar kalangan pribadi. Budi memperkirakan, model SL akan berkontribusi sekitar 70 persen dan model VL mengisi sisanya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, pihaknya akan meluncurkan Hilux terbaru di ajang motor show bulan ini. Dia mengamini sebagian besar pasar kabin ganda adalah sektor perkebunan dan pertambangan. “Tapi memang ada pasar bagi kalangan pehobi dan tidak besar,” ucapnya.

Setelah diluncurkannya di ajang motor show nanti, lanjut dia, Hilux di Indonesia akan dipasarkan dengan tiga varian berbeda dan salah satunya adalah model kabin ganda. Ketiga model tersebut menurutnya ditargetkan terjual hingga 1.000 unit per bulan.

Pabrikan yang akan meluncurkan model baru pick up satu ton adalah Mitsubishi. Rencananya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku agen pemegang merek Mitsubishi akan memperkenalkan produk baru Strada Triton pada 10 Agustus mendatang. Pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, sudah membuat Ranger terbaru sejak Juni lalu dan akan mulai dijual di Indonesia bulan ini.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi