Honda HR-V Terima Penghargaan sebagai Mobil Terbaik 2015
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 13 Agustus 2015 11:46 WIB
Honda memperkenalkan mobil sport-utility vehicle (SUV) terbarunya, Honda HR-V dalam pameran Indonesia International Motor Show di Jakarta, 18 September 2014. Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) menobatkan Honda HR-V sebagai penyandang Forwot Car of the Year (FCY) 2015 atau mobil terbaik di antara model-model terbaru yang diluncurkan dalam periode 18 September 2014-09 Agustus 2015.

Honda HR-V, yang dirilis ATPM Honda Prospect Motor (HPM) pada September tahun lalu, merebut penghargaan FCY 2015 setelah mengantongi poin tertinggi, 186, dan menyingkirkan empat nomine lain, yakni Mazda2 (156 poin), BMW Seri 2 Active Tourer (108 poin), Nissan Navara (107 poin), dan Suzuki Celerio (68 poin).

Berbeda dengan FCY 2014 yang melibatkan 45 mobil nomine, dalam penyelenggaraan tahun ini FCY hanya berhasil menyaring 12 mobil terbaik di Indonesia dari 11 agen pemegang merek (APM) yang beroperasi di dalam negeri.

Dari 12 mobil terpilih untuk dinilai itu, kemudian terseleksi menjadi hanya 5 finalis, sebelum kemudian Honda HR-V dinobatkan sebagai yang terbaik dan berhak atas penghargaan tahunan dari organisasi wartawan otomotif Indonesia itu.

Baca juga: RESHUFFLE KABINET: Pram Masuk, Tapi Mega Gagal Gusur Rini? Evan Dimas di Spanyol: Klub Promosi Divisi II, Ini Rapornya 

Ketua Umum Forwot Indra Prabowo mengatakan proses penjurian masih tetap mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang diterapkan di Eropa tapi telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif Indonesia.

"Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2015. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra dalam acara Awarding FCY 2015, yang disponsori oleh GT Radial dan Adira Insurance, Rabu, 12 Agustus 2015.

Dari hasil penilaian para juri inilah, Honda HR-V terpilih sebagai yang terbaik dari yang terbaik dan berhak menyandang predikat Forwot Car of the Year 2015.

“Honda HR-V terpilih menyisihkan BMW Seri 2 Active Tourer, Mazda2, Nissan Navara, dan Suzuki Celerio," kata Gede Widiastra, ketua pelaksana FCY 2015.

Indra Prabowo berharap Forwot Car of the Year mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif nasional sekaligus menjadi referensi bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

Forwot Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dan telah dilaksanakan sejak 2009.

Untuk menentukan satu pemenang Forwot Car of the Year, dewan juri, yang beranggotakan 25 wartawan otomotif dari berbagai media nasional, memilih 5 finalis Forwot Car of the Year yang disaring dari jumlah total mobil baru (all new) yang dipasarkan di Indonesia dalam periode yang ditetapkan. 

Lima finalis dipilih melalui voting, yang kemudian dari hasil lima finalis itu setiap juri memilih kembali mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari poin yang diberikan juri (system scoring), di mana setiap juri mendapat bekal 25 poin untuk memilih mobil terbaik dari lima finalis Forwot Car of the Year. Pemenang ditentukan berdasarkan peraihan poin tertinggi.

Kriteria penilaian para juri meliputi segi design, comfort, safety, economy, handling, performance, functionality, enviromental requirement, driver satisfaction, dan price. Selain itu, tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, dan media test drive.

ANTARA

Baca juga: RESHUFFLE KABINET: Soal Ini Jokowi Kalahkan Gus Dur & SBY! Sindir Ahok 'Kepala Preman', Ketua FBR: Preman Itu Tak Bawel

#Industri Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi