Persaingan Sengit Low MPV, Great New Xenia Rp 205,8 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 13 Agustus 2015 14:42 WIB
Great New Xenia. ANTARA/Saptono

TEMPO.CO, Jakarta -PT Astra Daihatsu Motor atau ADM meluncurkan Great New Xenia yang diharapkan dapat menguasai 15 persen pangsa pasar mobil segmen low multi purpose vehicle alias low MPV. Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan, berharap Xenia terbaru terjual dikisaran 5.000 unit per bulan.

Jumlah itu meningkat jika dibandingkan dengan penjualan per bulan Xenia versi lama pada kisaran 3.000-4.000 unit per bulan. Menurut dia, target yang dipatok tersebut merupakan jumlah yang cukup realistis di tengah persaingan yang kian sengit di segmen low MPV. Sebelum 2012, segmen low MPV hanya dihuni tiga pemain termasuk Xenia yang mulai dipasarkan sejak akhir 2003.

Di kelas tersebut ada delapan brand yang bersaing memperebutkan pasar yang memang terbesar dibandingkan jenis mobil lainnya. Untuk merealisasikan target itu, lanjut Amelia,  memasang harga yang kompetitif. “Waktu setting harga kami sangat hati-hati karena pemainnya di segmen ini sangat banyak,” ujarnya di sela-sela peluncuran Xenia baru tersebut, Rabu, 12 Agustus 2015.

Great New Xenia dipasarkan dalam enam varian dengan 11 tipe berbeda. Harganya ada dikisaran Rp 151,65 juta hingga Rp 205,8 juta on the road Jakarta. Untuk tulang punggung penjualan, Great New Xenia tipe X diperkirakan akan mendominasi dengan persentase 35 - 40 persen dari total yang terlego.

Tipe tersebut merupakan tipe menengah dengan rentang harga Rp 170,65 juta hingga Rp 197,75 juta. Presiden Direktur PT ADM Sudirman M. Rusdi mengatakan, Great New Xenia tampil dengan banyak perubahan.

Produk tersebut hadir dengan eksterior depan berbeda karena hadirnya new front bumpernew engine hood, serta new headlamp. Sedangkan eksterior belakang tampil dengan new rear combination lamp dan new rear bumper guard.

Pada  interior kendaraan ini dilengkapi dengan new dashboard, new steering wheel, new seat pattern, dan new meter combination with Multi Informastion Display, serta kabin dengan 2-tone color yang diklaim membuatnya terkesan mewah dan elegan.

Great New Xenia dilengkapi mesin baru 1.3L 1NR berteknologi Dual VVT-i dengan maksimum power 97 PS/6.000 rpm dan torsi maksimum 121 Nm/4.200 rpm. “Ini perubahan yang paling penting, mesin Great New Xenia lebih efisien dan bertenaga. Tenaga lebih besar namun konsumsi bahan bakar lebih irit 15 persen dari model sebelumnya," ujar Sudirman.

Perubahan lainnya, kendaraan ini dianggap lebih nyaman dan aman. Nyaman tercermin dari kabin yang lebih kedap dengan peredaman suara dan rangka bodi yang lebih baik, serta kestabilan berkendara terjaga berkat suspense baru.

Sedangkan untuk menunjang keamanan, Great New Xenia hadir dengan fitur dual SRS airbag,front seat belt with pretensioner & force limiter, new side impact beam, new window jam protection, rear parking sensorimmobilizer, dan new corner sensor.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi