Datsun Rising Challenge 2: Dicari! Bakat Socioprenuer
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 13 Oktober 2015 23:02 WIB
Produsen mobil yang tergabung dalam divinisi Nissan Motor, Infiniti memamerkan mobil konsepnya yaitu Infinity Q50 Eau Rouge dalam Auto Show China di Beijing, Cina, (20/4). REUTERS/Jason Lee

TEMPO.CO, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia melalui merek Datsun pada Selasa, 13 Oktober 2015, di Jakarta secara resmi mengumumkan dimulainya kompetisi wirausaha Datsun Rising Challenge 2.

DRC 2 merupakan lanjutan dari program serupa yang pertama kali digelar pada 2013 dan untuk kali ini akan berfokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial atau sociopreneurship dengan mengusung tema Akses Untuk Perubahan, demikian kata Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja.

"Secara umum konsepnya masih sama, tetapi temanya baru yaitu akses untuk perubahan. Tidak hanya kami ingin mendukung risers yang bergelut di dunia entrepreneurship, tetapi kewirausahaan yang bermanfaat bagi lingkungannya," kata Indri.

Indri menuturkan bahwa pihaknya mencari sociopreneur, yatu mereka yang bukan sekadar mencari profit dalam membangun wirausaha melainkan memberikan manfaat bagi lingkungan sosial di sekitarnya.

Setelah di DRC 1 Datsun menerima lebih dari 1.000 proposal pendaftar, DRC 2 ditargetkan dapat menampung lebih dari 2.000 proposal yang 20 di antaranya bakal berkesempatan mengikuti lokakarya bisnis bersama mentor sejumlah pakar berbagai bidang.

Sebagaimana di DRC 1, DRC 2 juga akan memilih lima proposal wirausaha terbaik sebagai pemenang yang nantinya masing-masing akan berhak mendapatkan satu unit mobil Datsun GO+ Panca beserta uang tunai senilai Rp50 juta, yang bisa digunakan sebagai modal awal usaha.

Guna menjangkau lebih banyak peserta, sejalan dengan penambahan diler Datsun di seluruh Indonesia DRC 2 diharapkan dapat menjaring lebih banyak peserta selama masa pendaftaran sejak 20 Oktober 2015 hingga 20 Januari 2016, yang juga bisa dilakukan secara daring lewat laman www.datsun.co.id.

Selain itu selama masa pendaftaran, Datsun juga akan menggelar roadshow DRC 2 ke sedikitnya 10 kota besar di seluruh Indonesia, setelah pada DRC 1 lalu mereka hanya menyambangi lima kota besar di Pulau Jawa.

Corporate Vice President Nissan Motor Co sekaligus Global Head of Datsun, Vincent Cobee, mengatakan gelaran DRC 2 sejalan dengan filosofi Datsun.

"Datsun adalah merek global yang membantu mewujudkan impian orang untuk memiliki mobil menjadi kenyataan, filosofi mewujudkan mimpi itu pun dituangkan dalam inisiatif dan program ini yang mendukung cita-cita para risers, dengan membuka peluang baru dalam hidup dan membantu mereka meningkatkan taraf kehidupan," kata Cobee.

Cobee juga menuturkan bahwa ia berharap Datsun bakal bisa menjadi pembuka jalan bagi para sociopreneur, bahkan jika memungkinkan pihaknya bisa mendorong gerakan sociopreneur dirinya menilai itu cukup baik.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi