Skandal Uji Emisi Volkswagen Akan Difilmkan?
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Rabu, 14 Oktober 2015 11:00 WIB
Volkswagen (VW). AP/Markus Schreiber

TEMPO.CO, Jakarta - Skandal uji emisi diesel yang melanda pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen, ditengarai bakal dipampangkan di layar lebar.

Studio film Amerika Serikat, Paramount Picture, bersama rumah produksi milik aktor Leonardo DiCaprio baru-baru ini membeli hak film atas proposal buku yang disusun jurnalis New York Times, Jack Ewing, tentang skandal uji emisi diesel sebagai krisis terbesar yang melanda VW selama 78 tahun berdiri.

Hal itu disampaikan agen literatur New York dan Paramount, Marly Rusoff & Associates, pada Senin, waktu setempat.

Marly Rusoff mengatakan hak cetak untuk buku yang belum berjudul itu, dijual awal bulan ini dengan nominal enam digit dolar Amerika Serikat kepada percetakan Norton.

Buku itu kurang-lebih akan berisikan investigasi tentang bagaimana sebuah bahan bakar minyak yang dianggap "lebih baik dan cepat" ternyata hanyalah penipuan terbesar di sepanjang sejarah perusahaan tersebut.

VW sebelumnya telah mengakui mereka melakukan kecurangan atas uji emisi diesel di Amerika Serikat, sementara Kementerian Transportasi Jerman mengungkapkan hal serupa juga dilakukan di Eropa.

Skandal itu telah menggerus lebih dari sepertiga nilai saham perusahaan Jerman itu, menurunkan CEO mereka dari kursi jabatan yang telah lama diduduki, dan menimbulkan serentetan investigasi di seluruh dunia.

DiCaprio, bintang sekaligus produser film The Wolf of Wall Street, lewat rumah produksi Appian Way miliknya, merupakan salah satu pesohor Hollywood yang kerap berkampanye untuk isu kelestarian lingkungan.

Hingga saat ini belum ada nama yang disebutkan untuk mengisi posisi sutradara maupun bintang utama film ini.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi