4 Mobil Honda Ini Sukses Pimpin Pasar Otomotif, Apa Saja?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 15 Oktober 2015 15:11 WIB
Produk terbaru PT Honda Prospect Motor Honda Brio Satya dalam peluncurannya, di Jakarta, Rabu (11/9). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, berbangga atas prestasi penjualan empat produknya. Penjualan itu sekaligus memimpin pasar di segmen masing-masing pada September 2015.

Dari total penjualan Honda sebanyak 14.355 unit pada bulan itu, sebanyak 27 persen disumbang oleh empat produk tersebut. Secara keseluruhan dari Januari hingga September, total penjualan Honda telah mencapai 117.849 unit dengan pangsa pasar sebesar 15,4 persen.

"Angka penjualan yang meningkat ini menunjukkan pasar otomotif Indonesia yang tetap potensial, apalagi didukung dengan kondisi ekonomi yang mulai menunjukkan perbaikan akhir-akhir ini," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Produk mobil Honda apa saja yang menjadi market leader di pasar tersebut, berikut ini dia ulasan singkatnya:

HR-V 1.5 liter, segmen LSUV

Tipe Honda ini memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar (market leader) di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) pada September dengan mencetak penjualan 2.959 unit. Sepanjang tahun ini, total penjualannya mencapai 22.529 unit dengan pangsa pasar 41 persen  di kelasnya.

Honda  HR-V merupakan model crossover utility vehicle (CUV) pertama Honda di Indonesia yang telah diperkenalkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Ajang tersebut juga menandai dibukanya pemesanan Honda HR-V di Indonesia. Pencapaian penjualan 22.529 unit itu telah melampaui target yang dicanangkan Honda sebanyak 20.000 unit.

Tipe Honda HR-V ini didukung mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.600 rpm, dan transmisi manual 6 percepatan.

Honda Brio, segmen city car

New Honda Brio juga kembali menjadi market leader setelah  mencatat penjualan sebesar 793 unit pada September 2015. Total penjualan New Honda Brio di tahun ini telah tercatat sebesar 8.257 unit, dengan pangsa pasar 29 persen di kelasnya.

Varian Honda Brio lainnya, yaitu Honda Brio Satya yang berada di segmen LCGC mencatat peningkatan penjualan dari 1.785 unit pada bulan lalu menjadi 2.983 unit pada bulan ini, dengan total penjualan sebesar 21.587 unit di sepanjang tahun 2015 dan pangsa pasar sebesar 18 persen di kelasnya.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen city car. Semenjak peluncurannya, Honda Brio langsung diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, dan langsung menjadi city car dengan penjualan tertinggi di Indonesia di akhir tahun 2012, dengan angka penjualan sebesar 8.002 unit.

Dari sisi performa, Honda Brio menggunakan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.3 liter 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga 100 PS yang merupakan terbesar di kelasnya. Untuk rasa berkendara yang mulus dan efisiensi bahan bakar, Honda Brio telah menerapkan teknologi drive by wire (DBW), grade logic control dan shift hold control. Sementara dari sisi transmisi, Honda Brio menawarkan pilihan transmisi manual dan otomatis 5 percepatan (5AT) yang sporty dan responsif.  

Untuk mendukung efisiensi bahan bakar, semua tipe Honda Brio telah dilengkapi dengan ECO Indicator yaitu fitur canggih yang mampu mendeteksi dan memberi informasi apakah pengemudi telah mencapai gaya berkendara yang efisien. Dengan berbagai teknologi tersebut, Brio tak hanya bertenaga tetapi juga hemat bahan bakar dan telah memenuhi standar emisi EURO 4.

Honda City, segmen mini sedan

Tipe mobil ini kembali menjadi market leader di segmen mini sedan dengan mencatat total penjualan sebesar 90 unit di bulan September, dengan total penjualan sebesar 1.739 unit dan pangsa pasar sebesar 60 persen di kelasnya.

Honda Prospect Motor meluncurkan All New Honda City, generasi dari Honda City di Jakarta pada 24 April 2014. Sedan legendaris dari Honda ini tampil dengan desain baru semakin dinamis, berbagai penambahan fitur serta teknologi inovatif, mesin dengan tenaga terbesar di kelasnya, juga kabin yang semakin lega, yang menjadikannya terdepan di segmen mini sedan.

Honda City pertama kali diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1996 dan terus mendapatkan sambutan baik dari konsumen.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi