Terganggu Skandal Emisi, VW Obral Diskon?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Selasa, 27 Oktober 2015 07:44 WIB
Sebuah mobil VW Golf VII yang akan parkir di tower delivery di pabrik mobil Volkswagen, Wolfsburg, Jerman, 3 Maret 2015. REUTERS/Fabian Bimmer

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan Volkswagen (VW) diperkirakan akan memberikan diskon bagi para pelanggan mereka yang menggunakan mobil diesel VW, yang berpotensi menyalahi tes emisi. “Kalau dilihat dari keadaan (yang dialami VW), saya rasa ini memang harus dilakukan,” kata pihak VW seperti yang dikutip dari Reuters pada Senin, 26 Oktober 2015.

Pihak VW mengatakan mereka tengah memikirkan berbagai langkah untuk menormalkan kembali distribusi, termasuk memberikan insentif kepada dealer. Namun, belum ada keputusan pasti yang diambil VW hingga saat ini.

Perusahaan otomotif raksasa asal Jerman tersebut sudah diguncang krisis terbesar dalam sejarah 78 tahun masa berdirinya setelah beberapa produk kendaraan dieselnya terbongkar mengandung perangkat manipulatif untuk lolos tes emisi.

Perhatian VW kini difokuskan pada pelanggan mereka yang menggunakan mobil bermesin diesel 1.6 liter yang lebih membutuhkan up grade komponen daripada sekedar perbaikan. Biaya yang dibutuhkan untuk penggantian komponen sangatlah mahal.

“Menghadirkan penawaran khusus untuk pelanggan sebenarnya sudah menjadi makanan sehari-hari Volkswagen dalam distribusi produknya,” kata pihak VW yang menolak memberi penjelasan spesifik.

Saat ini angka distribusi di produk VW, yang juga termasuk distribusi merek premium Audi dan Porsche khusus September mengalami penurunan hingga 1,5 persen, menjadi  885.300 unit. Sedangkan untuk perhitungan total sembilan bulan sejak Januari 2015, juga menurun 1,5 persen menjadi  7,4 juta unit kendaraan.

YOHANES PASKALIS

#Industri Otomotif
#VW | Volkswagen
#Jerman

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi