Pemerintah Jerman Desak VW Segera Tuntaskan Skandal Emisi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Grace gandhi
Kamis, 5 November 2015 08:49 WIB
Aksi protes skandal emisi Volkswagen (VW). AP/Michael Sohn

TEMPO.CO, Berlin - Menteri Perhubungan dan Infrastruktur Digital Jerman Alexander Dobrint meminta Volkswagen (VW) segera menuntaskan penyimpangan yang baru ditemukan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) pada beberapa produk VW agar tak menimbulkan kerugian bagi konsumen.

“Saya berharap VW dan instansi terkait melakukan upaya terbaik mereka untuk memulihkan keadaan dan menyelesaikan masalah secara transparan,” ujar Dobrint, seperti dikutip Reuters, Rabu, 4 November 2015.

Menurut Dobrint, skandal VW yang berkepanjangan ini sudah memunculkan banyak protes dari masyarakat yang juga ditujukan pada Kementerian Perhubungan Jerman sebagai negara asal produsen otomotif raksasa itu. Dia meminta semua produk VW, baik yang bermesin diesel maupun jenis lain, diperiksa.

Pemerintah Jerman juga meminta VW memperbaiki struktur manajemen dan produksi di tubuh perusahaan untuk memastikan skandal manipulasi emisi tersebut tak terulang lagi pada kemudian hari.

"VW harus bisa menyelesaikan masalah ini secara komprehensif," ucap juru bicara Kanselir Jerman, Steffen Sibert, dalam konferensi pers di Berlin, Jerman.

Dari apa yang disampaikan Sibert, Kanselir Jerman Angela Merkel meminta VW membentuk struktur perusahaan yang lebih kompeten dan transparan agar terhindar dari masalah serupa pada kemudian hari.

Skandal VW yang terungkap pada September lalu sempat menghebohkan publik otomotif dunia. Sampai sekarang, penyelidikan kasus ini masih berlanjut.

Turunnya saham dan adanya temuan penyimpangan baru pada beberapa produk VW di Amerika, yang juga menyeret nama Audi dan Porsche, sempat membuat publik meragukan kepemimpinan CEO VW yang baru, Matthias Muller.

YOHANES PASKALIS

#Industri Otomotif
#VW | Volkswagen
#Amerika Serikat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi