Selama 29 Tahun, Mobil Hyundai Laku 10 Juta Unit di AS
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Jumat, 13 November 2015 23:00 WIB
Peragawati berpose di samping Hyundai Elantra Sport dalam acara Bangkok International Motor Show ke-36 di Bangkok, Thailand, 24 Maret 2015. Bangkok International Motor Show (BIMS) akan diselenggarakan dari 25 Maret sampai 5 April. REUTERS/Chaiwat Subprasom

TEMPO.CO, Jakarta - Sepanjang 29 tahun meramaikan jalan-jalan di Amerika Serikat, pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai berhasil menjual sebanyak 10 juta. Saat pertama kali memasuki pasar Negeri Abang Sam tahun 1986, Hyundai baru membawa satu model yakni Hyundai Excel.

Kini setelah 29 tahun kiprahnya, pabrikan mobil  yang berbasis di  Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul mampu menjual 10 merek mobil. Mulai dari varian sub compact Accent hingga kelas sedan mewah Genesis.

Dari 10 merek itu, sedan ukuran menengah, Hyundai Sonata memberikan kontribusi penjualan terbesar yakni 24,98 persen. Hyundai Elantra memberikan kontribusi terbesar kedua yakni 24,85 persen. Sedan mewah ini baru masuk pasar Amerika pada 1990.

Sonata dan Elantra termasuk dua dari lima merek Hyundai yang paling laris dibeli warga Amerika. Tiga lainnya yakni varian SUV Hyundai Santa Fe, Accent dan si legendaris Hyundai Excel. Sepanjang 1986 - 1994, Hyundai berhasil menjual satu juta unit dari kelima model tersebut.

Hyundai Excel sempat mengejutkan pasar saat peluncuran 29 tahun lalu. Respon warga AS terhadap Excel cukup besar. Dalam tujuh bulan pertama di tahun  1986 sudah laku 100 ribu unit dan ini menjadi rekor dalam penjualan mobil impor di AS.

AUTOMOBILE|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Industri Otomotif
#Hyundai
#Amerika Serikat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi