Ini 10 Mobil Jepang Favorit Pengendara  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 16 November 2015 14:16 WIB
Pengunjung mengamati mobil Honda BR-V yang dipamerkan dalam Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di Jakarta Convention Center, Jakarta, 28 Oktober 2015. Pameran tersebut melibatkan 20 agen pemegang merek (APM) dan 25 industri pendukung otomotif. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Sedikitnya 400.000 pemilik kendaraan mobil pada semester pertama 2015 disurvei oleh tim dari iSeeCars.com, guna mengetahui model mobil apa saja yang tidak akan diganti oleh pemiliknya dalam waktu paling lama.

Dalam melakukan seleksi data yang lebih ketat, survei ini hanya dilakukan bagi pemilik yang memiliki satu kendaraan saja dan dilakukan verifikasi berdasarkan informasi dari Carfax.

Hasilnya cukup menarik. Hanya ada dua merek yang terwakili dalam daftar model kendaraan yang cenderung tidak akan diganti oleh pemiliknya selama satu dekade penuh. Luar biasanya, keduanya berasal dari Jepang.

1. Honda CR-VPenelitian iSeeCars.com mengindikasikan bahwa model ini merupakan kendaraan yang tidak akan diganti dalam waktu yang paling lama, dengan persentase mencapai 28,6 persen.

Fakta ini sekaligus menggambarkan mobil compact crossover buatan Honda ini memiliki pengikut yang sangat setia.

Honda CR-V adalah mobil buatan pabrikan otomotif Jepang Honda yang pertama kali dipasarkan pada 1996. CR-V tersedia dalam penggerak roda depan dan penggerak empat roda, meskipun di beberapa negara hanya tersedia penggerak empat roda saja, seperti di Inggris dan Australia.

2. Toyota PriusSaat sejumlah mobil hibrida beredar di pasaran, banyak orang khawatir bahwa tingkat kompleksitas mesin, motor ataupun baterai mobil itu akan menjadi mimpi buruk dalam perawatannya. Namun, sejumlah ketakutan tersebut sebagian besar tidak terbukti.

Sehingga tidak mengherankan jika para pemilik Toyota Prius akan tetap mempertahankan kendaraan tersebut terutama dikarenakan jarak tempuh bahan bakar yang sangat baik. Model ini mencatat memiliki persentasi 28,5 persen.

Prius pertama kali dijual di Jepang pada tahun 1997, dan saat itu tersedia di semua dealer Toyota yang ada di Jepang. Prius adalah mobil hibrida pertama yang diproduksi massal di dunia. Mobil ini kemudian diperkenalkan di seluruh dunia pada 2000.

3. Toyota RAV4Keluarga kecil atau pasangan muda pastinya tertarik dengan mobil crossover kecil, seperti Toyota RAV4 yang mampu menawarkan kapasitas lebih dari mobil compact lainnya.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan fitur all-wheel drive sehingga memungkinkan untuk diajak berpetualang off-road, seperti berkemah atau ski. Sebanyak 28,2 persen pemilik tetap mempertahankan mobil ini selama 1 dekade penuh.

Toyota RAV4 diproduksi oleh Toyota sejak 1994. Meskipun berbentuk SUV, RAV4 menggunakan sasis monocoque, seperti sedan, sehingga handling-nya mantap. Kompetitor Toyota RAV4 adalah Nissan X-Trail, Ford Escape, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, dan Subaru Forester.

4. Toyota HighlanderBagi keluarga yang membutuhkan mobil dengan kapasitas 3 baris kursi namun tidak ingin atau tidak bisa memilih sebuah mobil minivan, mungkin hal tersebut sudah ditawarkan sebuah mobil crossover SUV mid-size produksi Toyota, yaitu Toyota Highlander.

Toyota Highlander atau dikenal dengan nama lain Toyota Kluger merupakan versi yang lebih tinggi dan lebih berat dari Toyota Camry. Diperkenalkan pertama kali pada April 2000 pada ajang New York Auto Show dan tiba akhir 2000 di Jepang, juga Januari 2001 di Amerika Utara, Highlander menjadi SUV ukuran mid-size pertama.

Di Jepang dan Australia tidak bisa memakai nama Highlander karena merupakan salah satu trim Hyundai Terracan sehingga Toyota menamai mobil ini Toyota Kluger atau Toyota Kurg. Nama ini diambil dari bahasa Jerman klüger, artinya cerdas atau bijaksana.

5. Honda OdysseyModel ini merupakan tipe minivan kedua sekaligus terakhir dari daftar model mobil yang tetap dipertahankan oleh pemilik selama 10 tahun. Bukan hal yang mengherankan lantaran mobil ini mampu mengakomodasi banyak penumpang dan seluruh bawaan mereka.

Sekitar 25,6 persen pemilik tetap mempertahankan mobil ini selama 10 tahun. Honda Odyssey diproduksi sejak 1994.

6. Toyota SiennaBanyak keluarga yang butuh ruang luas dan lebih baik dari sebuah mobil minivan. Tidak hanya itu, banyak keluarga ingin memiliki mobil yang ‘bandel’ untuk jangka waktu yang lama.

Tidak heran jika lebih dari seperempat seluruh pemilik Toyota Sienna tetap mempertahankan kendaraan mereka selama 1 dekade.

Toyota Sienna menggantikan van Toyota Previa generasi pertama 1997. Kendaraan ini menggunakan platform yang sama dengan Camry. Previa dan Sienna pada awalnya berukuran lebih kecil dari minivan lainnya pada waktu itu, tapi desain ulang pada 2004 menjadikan dimensinya setara dengan kompetitornya. Sienna saat ini adalah satu-satunya minivan yang tersedia dalam versi penggerak 4 roda.

7. Toyota CamryMenjadi mobil paling populer yang terjual di Amerika, banyak keluarga menyatakan bahwa Toyota Camry telah memenuhi kebutuhan transportasi mereka. Ada 24,4 persen dari seluruh pemilik Camry yang tetap mempertahankan kendaraan ini.       

8. Toyota AvalonBerukuran besar, mobil ini menarik bagi mereka yang mencari kendaraan yang sedikit lebih besar dari sedan berukuran sedang, seperti Camry. Sehingga ada sekitar 23,8 persen pemilik Avalon masih tetap mempertahankannya.

9. Honda PilotHonda Pilot adalah mobil crossover yang tangguh dengan kapasitas 3 baris kursi sehingga sesuai untuk keluarga yang gemar berpergian ke jalan yang buruk sekalipun.

Dengan all-wheel drive system, mobil ini memungkinkan untuk dapat pergi ke berbagai tempat yang tidak dapat dijangkau minivan. Sebanyak 23,3 persen pemilik kendaraan ini tetap mempertahankannya hingga 10 tahun kemudian.

10. Honda ElementMeski model ini sudah tidak lagi diproduksi, kendaraan berbentuk kotak dengan tampilan unik ini dilengkapi dengan berbagai fitur interior yang fungsional dan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, serta tidak mampu ditandingi oleh model apa pun yang ada saat ini.

Oleh karena itu, lebih dari 23 persen pemilik Honda Element tetap mempertahankannya.

BISNIS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi