Toyota: Mirai Laris Manis di California
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Rabu, 18 November 2015 23:03 WIB
Produsen mobil Toyota, meluncurkan mobil terbarunya, Toyoya Mirai di Hollywood Barat, California, 20 Oktober 2015. Mirai yang berarti Masa Depan dalam bahasa Jepang menjadikan mobil sedan ini, mobil masa depan yang ramah lingkungan. (Jordan Strauss/Invision untuk Toyota/AP. Images)

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Motors Corporation menyebut mobil hidrogen mereka, Mirai, laris manis di California, tempat sebanyak 22 unit mobil tersebut sudah terkirim ke pemesan pada bulan pertama sejak ketersediaannya.

Target ambisius Toyota yang membidik penjualan 30 ribu unit Mirai pada 2020, dengan mengharapkan 2 ribu unit terjual pada tahun depan sebagai dasarnya.

Mobil berbahan bakar sel bakal memainkan peranan penting dalam rencana jangka panjang perusahaan tersebut untuk mengurangi tingkat emisi hingga mendekati nol pada 2050.

General Manager Toyota Amerika Serikat, Bill Fay, dalam sebuah konferensi Asosiasi Diler Mobil Nasional dan JD Power yang tersambung dengan pameran Los Angeles Auto Show, mengatakan perusahaan bakal mempercepat rencana peningkatan penjualan Mirai.

Saat ini Toyota menjual Mirai lewat delapan diler mereka di California, yang direncanakan diperluas dengan menambah akses hingga 40 diler setempat dan sejumlah toko lainnya di kawasan Timur Laut AS pada akhir 2016.

"Kami masih berada di lantai dasar atau semacamnya yang bisa melonjak menjadi besar," kata Fay.

Mirai pertama yang dikirimkan ke pelanggan di California terkirim pada 21 Oktober 2015.

Sementara Toyota telah menerima sedikitnya 2 ribu pernyataan ketertarikan pembelian Mirai, namun pihak perusahaan menetapkan prasyarat calon pembeli untuk dikonfirmasi kelayakannya termasuk apakah rumah mereka berada dekat lokasi pengisian bahan bakar hidrogen.

Saat ini pabrikan Jepang itu tengah berusaha meningkatkan jumlah ketersediaan lokasi pengisiaan bahan bakar hidrogen dengan menggandeng dua rekanan yakni FirstElement Fuel asal California dan Air Liquide asal Prancis.

Pada Selasa lalu Air Liquide sempat menyatakan akan membeli perusahaan AS Airgas dengan mahar senilai 13,4 miliar dolar AS.

Mobil hidrogen tersebut diluncurkan perdana di Jepang, Desember 2014 lalu, namun perusahaan menerima pemesanan hingga ke wilayah Eropa juga.

Penjualan akan dipenetrasi lebih lanjut di lima negara bagian pada tahun depan, yakni New York, New Jersey, Connecticut, Rhode Island dan Massachusetts.

Mirai, dalam Bahasa Jepang berarti masa depan, merupakan sedan berkapasitas empat penumpang dengan daya jelajah 300 mil (sekira 428 km).

Saat kendaraan tersebut diumumkan ketersediaannya di California tahun lalu dan Toyota menyatakan siap mengucurkan dana 200 juta dolar AS untuk membangun 100 sarana pengisian bahan bakar hidrogem dalam sedekade mendatang, demikian Reuters.

ANTARA

#Industri Otomotif
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi