Produsen Motor India Incar Pasar Motor Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Rabu, 20 Januari 2016 21:48 WIB
TVS APACHE RTR Dual Diskbrake 160 cc (Dok. TVS)

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan sepeda motor asal India, TVS Motor Company, kian mengetatkan persaingan di segmen motor sport dengan meluncurkan TVS Apache RTR 200 FI di Indonesia dan India pada hari ini, 20 Januari 2016.

TVS mengklaim motor model terbaru mereka ini tercepat di kelasnya dengan kemampuan mencapai kecepatan 60 kilometer per jam hanya dalam 3,9 detik.

"TVS Apache RTR 200 FI merupakan produk kelas dunia yang memberikan pengalaman balap yang lengkap. Kami yakin motor ini akan memikat banyak pembeli di Indonesia dan pasar Asia Tenggara," kata President Director PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) pada acara peluncuran motor ini di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20 Januari 2016).

Seperti apa kekuatan motor sport terbaru ini, berikut rincian spesifikasinya:

Kekuatan mesinTVS Apache RTR 200 FI bertenagakan mesin O3C berkatup empat, berpendingin oli, bertipe oversquare dengan lima kecepatan. Motornya dilengkapi dengan mekanisme poros penyeimbang dan diprogram untuk memiliki spesifikasi 15,46 KW (21 PS) @ 9.000 rpm dengan torsi 17,5 Nm @ dari 7000 rpm dan rasio kompresi 9,7: 1 .

“Dengan ruang pembakaran berpendingin oli dan udara, motor ini mampu mencapai kecepatan 60 kilometer per jam hanya dalam 3,9 detik, tercepat di kelasnya. Disamping itu, teknologi NanofriKS yang digunakan untuk melapisi piston mampu mengurangi friksi dan keausan, serta memastikan mesin selalu beroperasi secara halus,” ungkap  Vice President-New Product Development TMCI, Pramod Kulkarni.

Menurut dia, sistem Digital Fuel Injection (DFI Logic) dari Bosch memastikan penyaluran bahan bakar berlangsung secara dinamis, berdasarkan respons katup, sehingga konsumsi bahan bakar irit dan emisi yang dihasilkan rendah.

Sementara sistem pembuangan barel ganda menghasilkan penyaluran gas buang yang halus sekaligus menambah nilai estetika TVS Apache RTR 200 FI.  "Tim Penelitian dan Pengembangan TVS telah mendesain sebuah knalpot motor balap yang garang".Bodi dan casisDengan konstruksi Double Cradle Split Synchro stiff Chassis (DCSSF), dan torsi dan kekakuan lateral yang lebih baik, TVS Apache RTR 200 FI menawarkan kendali dan daya manuver yang sempurna.

Suspensi monoshock dari KYB Corporation menambah kesempurnaannya. Sementara itu, suspensi 37 di front, juga dari KYB Corporation, memberikan stabilitas gaya depan yang lebih baik pada kecepatan tinggi maupun saat mengerem.

Ban motor balap 90X90 dan 130X70 tubeless meningkatkan daya cengkeram terhadap jalan. Tata letak bagian-bagian kendaraan yang optimal, distribusi berat yang menghasilkan presisi saat menikung kian menyempurnakan TVS Apache RTR 200 FI.

Desain Y-spoke pada pelek motor menambah keindahan pada motor balapnya. Rem cakram roto-petal yang besar di roda belakang dan depan memberikan keamanan pada pengendara.

TVS Apache RTR 200 FI juga menawarkan display lap timer, 0-60 dan penanda waktu putaran tercepat digital dan teruliminasi.DesainTVS Apache RTR 200 FI tampil dengan hiper-agresif. Desainnya terinspirasi sepeda motor TVS X21 Draken street fighter yang sangat popular dan telah dipamerkan di berbagai pameran otomotif di beberapa belahan dunia.

"Garis-garis bodi serta tepian yang presisi, dan warna-warna balap adalah deskripsi terbaik.Tangki bensinnya yang berkapasitas 12 liter, berkesan sangat indah,” kata Rizal Tandju, Head of Marketing TMCI, Rizal Tandju.

Lampu depan LED DRL yang solid memberikan kesan garang kepada TVS Apache RTR200 FI.  Setang kendalinya yang terbuat dari aluminium dan jok balapnya semakin melengkapi kesan balap pada motor ini.

TMCI menawarkan motor ini 3 warna yakni syrah red, mystic white and gun metal black, masing-masing dibanderol Rp23,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi