Toyota Segera Investasikan Rp5,4 Triliun di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Jumat, 19 Februari 2016 23:00 WIB
REUTERS/Yuriko Nakao

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan Toyota Motor Corporation akan menginvestasikan Rp5,4 triliun di Tanah Air tahun ini.

"Toyota serius berbisnis di Indonesia, tahun ini saja akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun," kata Saleh, yang bertemu dengan Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Corporation (TMC) Seiichi Sudo di Nagoya, Jepang, Kamis (18 Februari 2016).

Dia meminta TMC dan mitranya di Jepang terus meningkatkan investasi mereka di sektor otomotif Indonesia.

"Saya juga mengajak TMC agar tidak tanggung-tanggung di Indonesia, maka saya minta Toyota dan mitranya di Jepang untuk terus meningkatkan investasi di sektor otomotif terutama bahan baku dan komponen," katanya dalam siaran pers Kementerian Perindustrian, Jumat (19 Februari 2016).

Ia juga meminta perusahaan otomotif Jepang itu secara bertahap melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Menurut data Kementerian Perindustrian, merek Toyota di Indonesia menguasai 31 sampai 32 persen pasar otomotif domestik.

Hingga 2014, Toyota telah merealisasikan investasi Rp40 triliun di Indonesia dan selama kurun 2015 hingga 2019 total rencana investasi perusahaan itu di Indonesia mencapai Rp20 triliun. Saat ini, perusahaan tengah merampungkan pabrik mesin di Karawang.

ANTARA

#Industri Otomotif
#Toyota
#Saleh Husin

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi