Astra dan Pirelli Produksi 1,5 Juta Aspira Premio Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Grace gandhi
Selasa, 23 Februari 2016 17:52 WIB
PT Evoluzione Tyres meluncurkan rangkaian jenis ban sepeda motor berkualitas premium dengan merk Aspira Premio di Rolling Stone Cafe, Jakarta, 23 Februari 2016. PT Evoluzione Tyres merupakan perusahaan gabungan antara Astra Otoparts dan Pirelli. TEMPO/Larissa Huda

TEMPO.COJakarta - Direktur PT Astra Otoparts Tbk Yusak Kristian mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor yang semakin padat setiap tahun, Astra Otoparts bersama Pirelli akan memproduksi ban Aspira Premio sebanyak 1,5 juta unit tahun ini. 

"Hasil produksinya tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik, tapi juga ekspor," ujarnya di Rolling Stone Cafe, Selasa, 23 Februari 2016.

Namun, Yusak mengatakan, dalam produksi ban kualitas premium ini, ia masih akan berfokus pada pasar domestik, meskipun tidak tertutup kemungkinan akan melakukan ekspor. Sedangkan permintaan sudah datang dari Malaysia dan sudah dikirim sebanyak 2.000 unit. 

"Karena permintaan terbesar datang dari domestik, kami akan penuhi kebutuhan domestik lebih dulu," tuturnya.

Diluncurkannya Aspira Premio didasari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. Jalan yang padat dapat menimbulkan risiko dalam berkendara. Peningkatan populasi sepeda motor tahun lalu tercatat sebesar 2,9 juta unit dari jumlah sepeda motor pada 2014 dan mencapai 74,9 juta dalam 13 tahun terakhir. Kondisi ban sepeda motor menjadi salah satu faktor penting dalam keamanan berkendara.

Atas pertimbangan tersebut, Astra Otoparts meluncurkan serangkaian produk ban berkualitas premium untuk menopang perjalanan pengendara sepeda motor. 

Aspira Premio merupakan produk Astra Otoparts yang menggandeng pabrikan ban asal Italia, yakni Pirelli. Kedua perusahaan tersebut mendirikan perusahaan gabungan dengan nama PT Evoluzione Tyres.

Saat ini, pabrik PT Evoluzione Tyres berlokasi di daerah Subang di atas lahan seluas 31 hektare. Namun lahan yang sudah terpakai baru seluas 14 hektare. 

Yusak mengatakan, dari sisa lahan tersebut, perusahaan masih bisa melakukan ekspansi pada masa mendatang. Jika pabrik sudah dapat digunakan secara keseluruhan, kapasitas produksi Aspira Premio bisa menembus 7 juta unit setiap tahun.

LARISSA HUDA

#Industri Otomotif
#PT Astra Otoparts Tbk

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi