Pabrik Mesin Toyota Gunakan Teknologi Pertama di Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 7 Maret 2016 20:07 WIB
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Fukui, bekas atlet perenang Richard Sam Bera, Vice President PT TAM Henry Tanoto berpose di samping Toyota Rush TRD Ultimo, Hotel Raffles, Jakarta, 26 Februari 2016. TEMPO/Friski riana

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrik mesin milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang baru saja diresmikan menggunakan teknologi pertama di dunia, yang disebut Through Line Engine Production".

"Ini merupakan pabrik dengan konsep Through Line, di mana ini merupakan pertama kalinya yang Toyota bangun di Indonesia," kata Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation Koei Saga di Karawang, Senin, 7 Maret 2016.

Saga menyampaikan, konsep pabrik yang memproduksi mesin R-NR ini mengadopsi teknologi tinggi yang mampu mengoptimalkan produksi mesin di bawah satu atap. Artinya, lanjut Saga, seluruh proses produksi mesin yang terdiri dari casting (pengecoran), machining (permesinan) dan assembling (perakitan) berada di lokasi yang sama.

Hal tersebut diyakini akan mempersingkat waktu proses produksi dan mengurangi stok barang dalam produksi. "Sebelumnya, proses casting umumnya berada di lokasi terpisah dengan proses-proses lain, seperti machining dan assembling," ujar Saga.

Selain itu, Saga menambahkan, pabrik ketiga TMMIN di Karawang tersebut juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dengan mengimplementasikan pembakaran denga suhu rendah dan proses pengerjaan yang pebih singkat atau disebut Inorganic Sand Core Binder. "Inorganic Sand Core Binder juga menghasilkan proses pengecoran yang bebas bau," kata Saga.

Selain itu, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 150 hektare tersebut juga mengimplementasikan pembakaran dengan efisiensi tinggi atau High Efficiency Burner, yang akan berkontribusi terhadap penurunan penggunaan energi dalam proses produksi.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi