California Tolak Rencana Recall 16.000 VW
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Kamis, 14 Juli 2016 23:00 WIB
REUTERS/Claro Cortes IV

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala regulator udara California menolak rencana penarikan (recall) yang diajukan Volkswagen AG guna memperbaiki 16.000 mobil diesel 3.0 liter VW, Audi dan Porsche yang dilengkapi perangkat manipulasi uji emisi di negara bagian itu.

California Air Resources Board (CARB) mengatakan rencana perbaikan kendaraan mewah VW dan Audi dengan model produksi 2009 hingga 2016, tidak lah cukup.

"Pengajuan VW dan Audi tidak lengkap, secara substansial kurang, dan jauh dari kata cukup dari segi persyaratan hukum untuk mengembalikan kendaraan ini berdasarkan konfigurasi klaim sertifikat," tulis CARB dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14 Juli 2016).

Regulator mengatakan mereka tidak akan memiliki data yang memadai hingga Desember 2016 guna memastikan apakah perbaikan mesin 3.0 liter bisa bekerja untuk semua kendaraan diesel.

Jika tidak ada perbaikan yang memungkinkan, perusahaan mungkin harus membeli kembali kendaraan-kendaraan tersebut. Mobil-mobil itu mencakup Volkswagen Touareg, Porsche Cayenne dan Audi A8.

Pernyataan CARB ini muncul mengejutkan setelah pengacara VW Robert Giuffra pada bulan lalu mengatakan produsen mobil asal Jerman itu yakin mereka mampu memperbaiki 85.000 kendaraan 3.0 liter dan menyebutkan perbaikan itu tidak akan rumit.

Juru bicara Volkswagen mengatakan mereka terus bekerja dengan EPA (Environmental Protection Agency) dan CARB untuk menjamin persetujuan resolusi teknis tersebut.

Volkswagen bulan lalu mencapai kesepatakan bernilai 15,3 miliar dolar AS dengan regulator dan pengguna kendaraan diesel 2.0 liter yang juga dilengkapi alat manipulasi uji emisi. Biaya tersebut mencakup 10,033 miliar dolar AS untuk pembelian kembali 475.000 kendaraan 2.0 liter.

ANTARA

#Industri Otomotif
#VW | Volkswagen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi