UI Luncurkan Bus Kapasitas Besar Bertenaga Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 19 Juli 2016 21:30 WIB
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. TEMPO/Gunawan Wicaksono

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Indonesia meluncurkan Molina UI - EV Bus yang diklaim sebagai bus penumpang berkapasitas besar bertenaga listrik pertama di Indonesia.  Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mendukung sepenuhnya upaya Tim Molina UI merancang bangun kendaraan listrik khususnya Bus Listrik untuk kampus UI.

“Secepatnya bus listrik ini akan difungsikan seperti layaknya bus kuning untuk mendukung visi UI sebagai green campus. Mengingat polusi udara dari waktu ke waktu semakin meningkat, diharapkan inisatif UI menggunakan mobil listrik di dalam kampus dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan angka polusi udara," ujar Anis, Selasa, 19 Juli 2016.

Molina UI – Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Bus ini dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI yang berbahan bakar solar.

Tidak hanya Bus Konversi Electric Vehicle (EV), Tim Molina UI juga merancang bangun tiga kendaraan listrik lainnya yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03. 

Selain merancang kendaraan listrik, Tim Molina UI juga menciptakan sistem termal untuk pendinginan kabin dan baterai serta sistem fluida berupa aplikasi jet sintetik untuk perbaikan aerodinamika kendaraan. 

Di bagian elektrik, Tim Molina UI juga berhasil merancang power inverter dan motor listrik dengan daya 25 kW. Sistem ini akan diaplikasikan pada mobil konversi yang telah dikembangkan. Sedangkan untuk memudahkan komunikasi dengan mesin, dikembangkan pula perangkat embedded computer dan antar muka pengguna. Sistem ini akan digabungkan dengan sistem kestabilan dan pengujian kendaraaan.

BISNIS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi