Calya Membayangi Agya
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Jumat, 5 Agustus 2016 20:43 WIB
Mobil hemat bahan bakar Toyota Calya. TEMPO/Praga Utama

TEMPO.COJakarta - Toyota Astra Motor akan meluncurkan All New Calya untuk pertama kalinya ke hadapan konsumen dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. 

All New Calya, mobil dari segmen entry level, sudah menggunakan mesin Dual VVT-i berkapasitas mesin 1.200 cc, yang menawarkan efisiensi bahan bakar, lebih bertenaga, serta responsif dengan putaran mesin tetap halus.

Mobil low cost green car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang itu bahkan sudah ditargetkan bisa terjual 7.000 unit per bulan. 

Di sisi lain, kehadiran Calya bisa saja "memakan" penjualan Agya, mengingat kedua kendaraan ini sama-sama menyasar konsumen pembeli mobil pertama (first car buyer). 

"Kalau dibilang ada kanibalisasi, saya rasa ada. Tapi saya lihat sedikit sekali karena Agya dan Calya segmennya jelas berbeda," kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor di Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2016.

Henry menjelaskan, sasaran konsumen Toyota Agya adalah mereka yang belum menikah, mahasiswa, atau sebagai mobil tambahan. Sedangkan konsumen Calya terarah pada pembeli pertama, terutama yang baru berkeluarga dan baru pertama kali membeli mobil.  Henry menerangkan, kehadiran Calya memang memanjakan konsumen, artinya konsumen memiliki banyak pilihan mobil penumpang dengan harga terjangkau meskipun menimbulkan potensi penurunan penjualan Agya jika pembeli memilih Calya.

"Penjualan Agya dengan adanya Calya akan ada sedikit penurunan, tapi tidak signifikan karena market-nya pada semester kedua akan tumbuh. Segmennya juga berbeda," ucapnya. 

Henry melanjutkan, Agya memiliki market share 39 persen di segmen hatchback entry, dengan total market 15-17 persen.

Bukan hanya itu, Calya bisa sedikit "menggoyang" penjualan Toyota Avanza tipe terendah karena posisi harga Calya berada di tengah-tengah Avanza dan Agya.

"Kalau bicara ada atau tidak (mengganggu Avanza), pasti ada. Tapi jumlahnya tidak akan signifikan," ujarnya.

Henry mengatakan Calya memberi pilihan bagi konsumen entry level yang membutuhkan mobil tujuh penumpang yang selama ini mengandalkan Avanza sebagai pilihan utama. 

"Misalnya konsumen butuh kendaraan 7 penumpang, tapi yang paling memungkinkan adalah Avanza tipe E, kini ada Calya sebagai pilihan baru," kata Henry.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi