Meneruskan Tradisi Datsun Lewat Kontes Modifikasi
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Senin, 15 Agustus 2016 22:20 WIB
Datsun Go hasil modifikasi di kontes Datsun xplore your style, GIIAS 2016, ICE BSD, Serpong. (Dok Nissan Motor Indonesia)

TEMPO.CO, Serpong - Tahun 1970 silam, sebuah sedan kecil keluaran Datsun yakni 240Z menjadi raja di sejumlah kompetisi reli dan balap ketahanan (endurance), seperti Reli Safari Afrika. Hingga 1973, mobil ini kerap jadi juara. Hasilnya, 240Z menjadi produk Datsun yang banyak diminati konsumen.

"Kelebihan mobil itu adalah mudah dimodifikasi," ujar Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja di booth Datsun di GIIAS, ICE BSD-City, Tangerang, Senin 15 Agustus 2015. 240Z kemudian jadi produk populer di kalangan pehobi balap dan modifikasi karena performa dan kemudahan modifikasinya.

Baru 45 tahun kemudian, Datsun kembali hadir di Indonesia. Kali ini produk yang dibawa merek asal Jepang itu bukan sedan sport, melainkan hatchback Datsun Go Panca dan Go+ yang masuk kelas mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). "Walau produk Datsun sekarang sudah jauh berbeda, tapi kami tetap memegang tradisi merek ini, yakni membuat kendaraan yang fleksibel untuk dimodifikasi oleh penggunanya."

Indri mengatakan, dua produk Datsun yang ada saat ini sangat cocok untuk dijadikan sarana berekspresi para konsumen Datsun --yang disebut Risers. "Lewat produk kami, konsumen bisa memenuhi hasratnya dalam memiliki kendaraan impian." Karena itu, Datsun kembali menyelenggarakan ajang kompetisi modifikasi yang disebut Datsun Xplore Your Style.

Berbeda dengan kompetisi serupa pada tahun lalu, di mana Datsun yang memilih pesertanya, pada Datsun Xplore Your Style tahun ini, seluruh pemilik hatchback Datsun Go yang ingin berpartisipasi. Datsun menjajikan hadiah dengan total Rp 100 juta untuk pemenang di 10 kategori, yakni The Breakthrough Body Kit, The Most Stylish Sticker Art, The Attractive Paint, The Airbrush Master, Stand Out Under Carriage, The Stylish Interior, The Racers Interior, The Riserts Gadget, The Stylish Audio Cosmetic, dan The Durable and Fastest Risers.

Ajang Datsun Xplore Your Style akan digelar di tiga kota, yakni Jakarta sebagai pembuka, dilanjutkan Medan dan Surabaya hingga akhir tahun ini. Indri berharap jumlah peserta kompetisi tahun ini bisa sama, bahkan melebihi tahun lalu yang mencapai seribu karya modifikasi. Adapun, penilaian karya akan dilakukan tiga juri dari National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) yang berpengalaman di bidang modifikasi.

Perwakilan NMAA Rizaldi Parani mengatakan, penilaian yang akan dilakukan pada kompetisi ini meliputi aspek eksterior, interior, audio, serta kaki-kaki. "Setiap pemenang di satu kota akan dipilih untuk kemudian diadu pada babak final untuk mendapatkan titel King of Datsun Xplore Your Style."

Sebagai inspirasi, Datsun menyiapkan satu unit mobil ikon yang dirancang Musa Tjahjono. Dia merupakan desainer Indonesia yang bekerja di rumah desain West Coast Custom, Amerika Serikat. Penggarapan mobil ini dilakukan oleh bengkel modifikasi Signa Kustom asal Bandung.

Indri menyatakan, ajang ini juga akan dimanfaatkan Datsun Indonesia untuk meriset konsumen, terutama dalam penggunaan aksesoris dan modifikasi. Sebagai contoh, ujarnya, salah satu produk pelek lokal yang digunakan modifikator pada kompetisi Xplore Your Style tahun lalu kini dijadikan aksesoris resmi Datsun.

"Ini bahan berharga bagi kami untuk pengembangan produk di kemudian hari." Ajang ini, ujarnya, juga akan meningkatkan brand awareness Datsun kepada masyarakat.

PRAGA UTAMA

Berita LainnyaIni Spesifikasi Datsun Go karya Desainer West Coast CustomMobil 'Ayam Jerit' Titi Kamal Nangkring di GIIAS 2016All New Honda BeAT eSP Meluncur, Harganya Rp 14 Jutaan

 

#Datsun

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi