Porsche Luncurkan Laboratorium Digital di Berlin  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nunuy nurhayatiTNR
Selasa, 30 Agustus 2016 11:58 WIB
Supercar Porsche 918 Spyder terparkir di tepi Jalan Knightsbridge, London. Mobil seharga US$ 790 ribu (Rp 10,4 miliar) memiliki tenaga 900 bhp dari dua motor listriknya. Dailymail.co.uk

TEMPO.COStuttgart - Porsche baru saja membuka laboratorium digital di Berlin, Jerman. Produsen mobil sport yang berbasis di Stuttgart ini akan menggunakan laboratorium tersebut untuk mengidentifikasi dan menguji solusi teknologi informasi yang inovatif.

Sven Lorenz, Vice President of Porsche Information Systems, menjelaskan, Berlin dipilih karena merupakan rumah bagi start-up berkembang. “Porsche Digital Lab memberikan kami kesempatan untuk bereksperimen dengan teknologi baru dan menempatkan inovasi IT menjadi praktis dengan kecepatan dan fleksibilitas,” katanya dalam pernyataan tertulisnya, Senin, 29 Agustus 2016.

Laboratorium tersebut menyediakan tempat untuk berkolaborasi dengan perusahaan teknologi, start-up, dan komunitas ilmiah. Dalam pembuatannya, Porsche bermitra dengan anak perusahaannya yang berbasis di Ludwigsburg, MHP, salah satu pengelola dan konsultan teknologi informasi terkemuka di industri otomotif.

“Transformasi digital memiliki peranan di setiap bagian perusahaan, yakni proses internal, interaksi pelanggan, serta produk dan servis kami," kata Lutz Meschke, Deputy Chairman of the Executive Board dan Member of the Executive Board, Finance, and IT.

Menurut Lutz, semakin hari kendaraan semakin terhubung, dan konsep mobilitas telah berubah. Hal itu, kata dia, memicu revolusi pada industri otomotif dan membawa pesaing baru. "Dalam lingkungan ini, Porsche mengarah pada brand paling inovatif di bidang mobilitas eksklusif dan dinamis,” katanya.

Porsche Digital Lab berlokasi di distrik Friedrichshain, Berlin. Porsche dan MHP mempekerjakan beberapa tim, yang masing-masing bertugas meneliti bagaimana mengambil inovasi dari bidang data besar dan pembelajaran mesin, layanan mikro dan teknologi cloud, serta Industri 4.0 dan Internet of Things, kemudian mengubahnya menjadi solusi praktis.

Tugas tim tersebut berkisar pada penelitian tren dan ide, kemudian menjadikannya prototipe IT dan komponen. Pekerjaan tersebut menuntut pendekatan kreatif dan membutuhkan hubungan dekat dengan perusahaan teknologi inovatif.

Porsche Digital Lab mengikuti jejak Porsche Digital GmbH, yang baru saja didirikan di Ludwigsburg. Berbeda dengan Digital Lab, yang fokus pada pengujian dan penempatan teknologi digital pada perusahaan, Porsche Digital GmbH berpusat pada produk dan servis untuk pelanggan. 

Mobilitas terkoneksi, konsep kontrol intuitif, dan desain kendaraan masa depan merupakan elemen utama ekosistem digital, di mana sejumlah layanan baru dan model bisnis dikembangkan. Digital Lab dan Digital GmbH akan bekerja sama pada proyek masa depan.

MAYA AYU PUSPITASARI

#Industri Otomotif
#Porsche AG
#Jerman

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi