Porsche Luncurkan Digital Lab di Berlin
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Selasa, 30 Agustus 2016 16:35 WIB
Porsche Digital Lab Berlin. (porsche.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil sport yang berbasis di Stuttgart, Porsche, membuka Porsche Digital Lab di Berlin. Laboratorium ini akan digunakan untuk mengidentifikasi dan menguji solusi teknologi informasi yang inovatif. Tak cuma untuk produk Porsche, lab ini juga menyediakan tempat untuk kolaborasi dengan perusahaan teknologi, start-up, dan komunitas ilmiah.

Dalam pembangunan lab ini, Porsche bermitra dengan anak perusahaannya, yaitu MHP yang berbasis di Ludwigsburg. MHP merupakan salah satu pengelola dan konsultan IT termuka di industri otomotif. “Ini merupakan inisiatif kami pada konteks perubahan besar dalam industri," kata Deputy Chairman of the Executive Board dan Member of the Executive Board, Finance dan IT Porsche AG, Lutz Meschke dalam keterangan resminya, Senin, 29 Agustus 2016.

Transformasi digital, kata Lutz, memiliki peranan di setiap bagian perusahaan baik proses internal, interaksi pelanggan serta produk, maupun servis. Kendaraan pun menjadi semakin terhubung dan konsep mobilitas telah berubah, memicu sebuah revolusi pada industri otomotif dan membawa pesaing baru. "Dalam lingkungan ini, Porsche mengarah kepada brand paling inovatif di bidang mobilitas eksklusif dan dinamis."

Porsche Digital Lab berlokasi di distrik Friedrichshain Berlin. Dengan mempekerjakan beberapa tim dari Porsche dan MHP, yang masing-masing bertugas meneliti bagaimana Porsche dapat mengambil inovasi dari bidang data besar & pembelajaran mesin, layanan mikro dan teknologi cloud, serta Industri 4.0 & Internet of Things, dan mengubahnya menjadi solusi praktis.

Tugas dari para tim tersebut berkisar dari penelitian tren dan ide menjadi prototipe IT dan komponen. Pekerjaan tersebut menuntut pendekatan kreatif dan membutuhkan hubungan dekat dengan perusahaan teknologi inovatif. Berlin merupakan rumah bagi start-up berkembang, menjadikannya lokasi yang tepat untuk Lab.

“Porsche Digital Lab memberikan kami kesempatan untuk bereksperimen dengan teknologi baru dan menempatkan inovasi IT menjadi praktis dengan kecepatan dan fleksibilitas,” kata Dr. Sven Lorenz, Vice President of Porsche Information Systems.

Porsche Digital Lab mengikuti jejak Porsche Digital GmbH, yang baru saja didirikan di Ludwigsburg. Berbeda dengan Digital Lab, yang fokus pada pengujian dan penempatan teknologi digital pada perusahaan, Porsche Digital GmbH berpusat pada produk dan servis untuk pelanggan.

PRAGA UTAMA

#Industri Otomotif
#Porsche AG

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi