UD Trucks Resmi Rakit Truk Quester di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Rabu, 19 Oktober 2016 09:14 WIB
UD Trucks Quester. udtrucks.com

TEMPO.COJakarta - Produsen truk asal Jepang, UD Trucks, resmi merakit salah satu produknya, truk Quester, di fasilitas perakitan terbaru UD Trucks di Sunter, Jakarta Utara. Pabrik dengan kapasitas terpasang 200 unit truk per bulan ini secara resmi beroperasi pada Selasa, 18 Oktober 2016.

Dua anak perusahaan Astra International, PT Tjahja Sakti Motor (TSM) dan PT Gaya Motor International, menggelontorkan dana US$ 3 juta atau sekitar Rp 39 miliar untuk peningkatan fasilitas pabrik seluas 12 ribu meter persegi itu.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard menyatakan kehadiran pabrik ini menegaskan komitmen operasi UD Trucks di Tanah Air. "Pasar kendaraan komersial Indonesia potensinya masih sangat bagus," kata dia seusai acara peresmian.

Di Indonesia, UD Trucks masih berfokus di kelompok pasar truk berat (heavy duty). Segmen yang diincar UD Trucks, kata Valery, adalah pertambangan dan perkebunan. "Seiring dengan banyaknya proyek infrastruktur, permintaan truk untuk sektor ini juga tinggi."

Meski begitu, saat ini, UD Trucks masih mengimpor produknya secara knocked down dari sejumlah pabriknya di negara lain. Ini membuat UD Trucks belum memakai komponen lokal dalam produknya. "Kami sedang menjajaki kemungkinan pemakaian komponen lokal, asalkan ada pemasok yang mampu memenuhi kualitas kami."

Presiden Direktur Tjahaja Sakti Motor Anton Kumara mengatakan saat ini kapasitas produksi di pabrik Sunter ini baru lima unit per hari. "Secara bertahap akan kami tingkatkan hingga delapan unit per bulan."

PRAGA UTAMA

Berita LainNew Toyota 86 Hachiroku Tampil Semakin AgresifInstruktur Safety Riding Honda Menang Kompetisi di JepangRibut dengan Pewarta, Hamilton Diminta Hadiri Konfrensi PersEkspor Sepeda Motor Segmen Sport Salip Skuter

 

#Industri Otomotif
#PT Astra Internasional Tbk.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi