Ini Spesifikasi Honda Clarity, Sedan Berbahan Bakar Hidrogen
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Jumat, 28 Oktober 2016 23:40 WIB
Mobil konsep berbahan bakar hidrogen Honda Clarity di GIIAS 2016, Jakarta, 11 Agustus 2016. TEMPO/PRAGA UTAMA

TEMPO.CO, Jakarta - Manufaktur otomotif terkemuka asal Jepang, Honda, berencana meluncurkan sedan berkapasitas 5 penumpang dengan bahan bakar hidrogen pada akhir tahun 2016.

Sedan yang diberi nama Honda Clarity Fuel Cell tersebut akan dirilis melalui 12 dealer resmi untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen (fuel cell vehicle) di sejumlah wilayah di negara bagian California termasuk 6 dealer resminya di Southern California yakni 5 dealer di Bay Area dan 1 dealer di Sacramento.

Saat ini, Honda Clarity Fuel Cell tercatat telah menerima rating jangkauan hingga 366 mil dan rating hemat bahan bakar mencapai 68 mil per galon dari pihak Environmental Protection Agency (EPA) AS yang menjadikannya sedan dengan rating terbaik dari berbagai mobil listrik lainnya yang mampu menghasilkan nol emisi di AS.

"Tidak hanya menawarkan sedan berkapasitas 5 penumpang yang dapat diisi ulang dalam waktu 3-5 menit, Honda juga menawarkan keunggulan berkemudi yang serta dengan mobil berbahan bakar bensin," ungkap Steve Center, Vice President of Environmental Business Development Office di American Honda Motor Co., Inc.

"Jangkauan hingga 366 mil, dilengkapi dengan jaringan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen, dan waktu pengisian ulang yang cepat, menjadikan perjalanan keluarga tanpa polusi bukanlah lagi sebuah impian semata," tambahnya.

Inovasi teknologi yang diterapkan untuk Honda Clarity Fuel Cell telah menciptakan mesin fuel cell yang 33% lebih ramping dibandingkan pendahulunya dengan peningkatan daya tenaga hingga 60%. Dengan ukuran mesin yang lebih kecil, memungkinkan untuk kabin yang lebih luas yang dapat menampung 5 penumpang.

Dari sisi eksterior, Honda Clarity Fuel Cell hadir dengan gaya dinamis serta body yang aerodinamis dan ceper. Model teranyar tersebut juga dilengkapi dengan garis-garis berkarakter yang halus pada body-nya.

Dari sisi interior, pengendara dan penumpang diharapkan dapat merasakan suasana 'mewah' dan harmonis dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Model ini juga disokong dengan fitur teknologi tambahan seperti fitur keselamatan Honda Sensing™, teknologi bantuan berkendara Apple CarPlay™ dan fitur konektivitas dengan ponsel pintar Android Auto™.

Honda menghadirkannya dalam tiga pilihan warna yakni Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl dan Bordeaux Red Metallic yang otentik.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi