Mengintip Produksi Honda CBR250RR di Pabrik Karawang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 3 November 2016 23:05 WIB
Jajaran Direksi PT Astra Honda Motor setelah meresmikan produksi perdana All New Honda CBR 250RR di Karawang, Jawa Barat, Kamis 3 November 2016. TEMPO/Ferry Firmansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Honda Motor mulai memproduksi motor sport premium All New Honda CBR250RR di pabrik AHM plant 5, Karawang, Jawa Barat, dengan menerapkan teknologi manufaktur tercanggih untuk saat ini.

Pabrik di Karawang dipilih memproduksi motor sport karena dilengkapi fasilitas produksi dan perakitan tercanggih yang mampu menghasilkan 20ribu hingga 22ribu unit Honda CBR250RR setiap tahunnya. Untuk memproduksi massal Honda CBR250RR, AHM menyiapkan lini perakitan yang melibatkan 74 putra-putra Indonesia berketrampilan tinggi dalam proses produksi.

"Sebagai negara pertama yang memproduksi All New Honda CBR250RR di dunia, kami menerapkan salah satu teknologi manufaktur terbaik yang belum pernah diterapkan pada proses produksi sepeda motor Honda lainnya," kata Toshiyuki Inuma Presiden Direktur PT AHM di Karawang, Jawa Barat, Kamis, 3 November 2016.

Lini perakitan yang didesain secara khusus disebut dengan Supersport Line yang diklaim akan membuka sejarah baru dalam industri sepeda motor tanah air. Selain itu, New Honda CBR250RR menggunakan 66 persen komponen lokal.

Antara News berkesempatan untuk melihat langsung dari dalam proses produksi All New Honda CBR250RR. Proses produksi motor ini cukup efisien dengan penerapan baru "pick to light system" dan "interlock system" di sepanjang lini perakitan.

Interlock system merupakan sistem yang memastikan proses pengencangan torsi berlangsung presisi didukung pick to light system yang menjamin pengambilan jenis dan jumlah part dalam satu stasiun kerja selalu akurat atau sesuai dengan jumlah dan jenis komponen yang digunakan saat merakit Honda CBR250RR.

Sejumlah parts yang sudah disiapkan diantarkan secara otomatis oleh sebuah mesin yang berjalan mengikuti jalur kemudian berhenti di stasiun-stasiun kerja tertentu, sesuai kebutuhan.

Di dalam pabrik tersebut terdapat sebuah ruangan Clean Room Assembly System yang tertutup untuk menjamin presisi atau ketepatan dalam perakitan komponen dan mesin.

Pemasangan rangka motor dengan sejumlah bagian seperti tangki, lampu-lampu dan roda juga dilakukan dengan cepat namun teliti dengan adanya pengecekan berlapis oleh petugas.

Pada bagian akhir, sejumlah petugas melakukan pengecekan kualitas mulai dari bodi, kunci, rem, lampu hingga mesin kemudian motor dijalankan manual melewati beberapa titik mesin pemeriksaan.

Disaksikan Konsumen

Tidak hanya wartawan, sebanyak 60 konsumen pertama New Honda CBR250RR juga diajak melihat langsung proses pembuatan motor yang sudah mereka pesan sejak Juli 2016.

Pihak AHM sengaja mengundang konsumen sebagai bentuk penghargaan atas kesabaran dan kepercayaan konsumen yang ingin memiliki motor sport premium Honda kendati harus menunggu selama empat bulan. Adapun sejak diperkenalkan pada Juli 2016, sebanyak 2.700 konsumen telah memesan Honda CBR250RR.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya untuk konsumen," kata Toshiyuki Inuma.

"Setelah kami perkenalkan All New CBR250RR, sudah 2.700 konsumen telah menunjukkan komitmen yang tinggi melalui pemesanan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih telah menunggu sampai hari ini dengan penuh kesabaran," lanjut Inuma.

CBR250RR menggunakan mesin 250cc cooled-liquid 4stroke DOHC 8 katup - 2 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 28,5 KW pada tingkat putaran mesin 12.500 rpm dan torsi maksimum 23,3 Nm pada 11.000 rpm.

Honda CBR 250 RR dijual pada Rp62,9 juta untuk tipe standar, adapun tipe ABS warna gray metallic dan gun powder black metallic seharga Rp68,9 juta. Sementara untuk warna racing red standar dijual dengan harga Rp63,5 juta dan tipe ABS Rp69,5 juta. Harga tersebut sudah on the road Jakarta.ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi