Pasar Belum Tumbuh, Daihatsu Patok Target Konservatif  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 9 Januari 2017 11:10 WIB
Perkenalan produk kendaraan baru Toyota Cayla (merah) di Astra Daihatsu Motor Assembly Plant, Karawang, Selasa 2 Agustus 2016. TEMPO/Diko Oktara

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan target pasar pada tahun ini sekadar mempertahankan pangsa yang direngkuh sepanjang 2016. target konservatif itu merupakan pijakan awal seiring pertumbuhan pasar yang belum signifikan. 

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengungkapkan, dengan tingkat pertumbuhan pasar domestik tahun lalu sebesar 4 persen maka untuk tahun ini pun tak akan jauh berbeda. "Belum ada pemicu pasar yang signifikan sehingga kami pun mematok target tidak muluk-muluk,” katanya, Minggu, 8 Januari 2017.

Target konservatif itu menunjukkan strategi ADM yang tak agresif pada tahun ini. “Kami belum ada produk baru,” ungkap Amelia.

BacaPenjualan Daihatsu Naik Jelang Akhir Tahun

Tahun ini, dia meneruskan, ADM membidik target pasar yang sejalan dengan capaian tahun lalu, yakni 16 persen dari total pasar domestik. Peringkat penjualan terbanyak bukan hal terpenting buat ADM, melainkan capaian pangsa pasar karena itu mengikuti dinamika industri.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan dealer Daihatsu hingga November 2016 mencapai 173.221 unit. Volume itu meningkat 12 persen dibandingkan periode sama pada 2015 (154.867). Memang memang anak usaha Grup Astra tersebut menangguk kenaikan pangsa pasar. Selama Januari-November 2016, total pangsa pasar Daihatsu 17,7 persen dari volume penjualan domestik yang sebanyak 974.972.

Sebelumnya, selama periode sama 2015, pangsa pasar Daihatsu masih 16,4% dari total pasar roda empat domestik (940.027). Makanya kenaikan pangsa pasar yang lebih dari 1 persen itu dianggap melampaui target awal tahun.

SimakPenjualan Honda Cetak Rekor Baru

Pertumbuhan penjualan Daihatsu itu seiring dengan geliat pasar domestik. Total capaian pasar roda empat nasional hingga November 2017 adalah 3,7 persen. Walhasil, Daihatsu menghuni lingkaran tiga besar penjualan terbanyak bersama Toyota dan Honda. namun, menurut data mutakhir Gaikindo, peringkat Daihatsu direbut oleh Honda, dengan capaian penjualan 185.438 unit selama Januari-November 2016.

BISNIS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi