Persaingan di Kelas Motor Sport dan Adventure Kian Ketat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Senin, 6 Februari 2017 12:55 WIB
Pembalap MotoGP Repsol Honda Team Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengenalkan produk baru Honda CRF1000L Africa Twin di JIExpo Kemayoran Jakarta, 3 Februari 2017. Honda CRF1000L Africa Twin merupakan model motor rally yang terinspirasi dari legenda Rally Dakar dengan menyasar segmen penggemar di Indonesia yang menyukai petualangan. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.COJakarta - Produsen sepeda motor kian memanjakan kaum lelaki, dengan meluncurkan aneka varian motor maskulin pada awal tahun ini. Tak cuma model sport atau cruiser, sejumlah agen pemegang merek pun mulai memasukkan seri sepeda motor adventure dan klasik untuk memperkaya lini produknya.

Salah satunya PT Astra Honda Motor (AHM), yang baru saja meluncurkan dua seri motor adventure: CRF1000L Africa Twin dan CRF250 Rally. Meski mengakui bahwa peluncuran produk ini sedikit telat dibanding merek lain, terutama yang terbiasa bermain di segmen niche, Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwidjaya yakin Honda bisa menguasai pasar. "Lagi pula, ini segmen yang baru saja bertumbuh. Peluangnya masih sangat besar," katanya saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Februari 2017.

Baca juga: Pasar Sepeda Motor 2017, Honda: Masih Berat 

Dua seri CRF adventure ini akan berhadapan dengan banyak pesaing. CRF250 Rally, misalnya, head-to-head dengan Kawasaki Versys-X250, yang meluncur pada akhir November lalu. Adapun CRF1000L Africa Twin, yang dibanderol Rp 464-494 juta, menghadapi lebih banyak kompetitor dari Eropa, seperti Triumph Tiger XC, BMW 1200 GS, dan Ducati Multistrada.

Itu baru kelas adventure dan enduro. Produk baru yang meluncur di segmen sport bermesin maksimal 250 cc lebih banyak lantaran konsumennya masif. Pada awal tahun, ada All New Yamaha R15 yang memperkaya produk Yamaha di kelas sport full fairing. Di kelas yang sama juga muncul Suzuki GSX R150, yang menandai kembalinya Suzuki ke kelas motor sport. 

Sedangkan Honda, yang meluncurkan CBR 150 dan 250RR pada 2016, akhir pekan lalu memperkenalkan Honda CBR 250 Repsol Edition, yang diklaim mewarisi DNA RC213V tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di arena balap MotoGP. Produk yang dibuat di pabrik AHM Karawang, Jawa Barat, ini sengaja dibuat eksklusif karena hanya tersedia 1.000 unit.

Simak Pula: Bayar Rp 62,9 Juta, Bawa Pulang Honda CRF250 Rally

Riuhnya pasar sepeda motor sport tak lepas dari pertumbuhan pasarnya yang cukup tinggi. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia mencatat, dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan segmen motor sport selalu lebih dari dua digit, mengalahkan skuter otomatis (skutik) dan underbone atau cub. Karena itu, selain meluncurkan produk baru yang lebih banyak, produsen kini berani membangun basis produksi khusus sepeda motor sport di Indonesia.

FERY FIRMANSYAH

#Industri Otomotif
#PT Astra Honda Motor
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi