Peugeot Beli Merek Bersejarah India, Ambassador  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Kamis, 16 Februari 2017 14:15 WIB
Hindustan Motors jual merek ikonik Ambassador ke PSA Group. caradvice.com.au

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan mobil Hindustan Motors telah menjual merek mobil yang menjadi ikon India, Ambassador, kepada PSA Grup, induk usaha Peugeot, Citroen, dan DS.

Dalam perjanjian jual beli yang diteken akhir pekan lalu, pabrikan mobil asal Prancis ini telah membeli Ambassador dari CK Birla Group yang merupakan pemilik Hindustan Motors senilai US$ 16 juta atau sekitar Rp 159 miliar. "Kami telah melakukan kesepakatan jual-beli merek Ambassador kepada Peugeot PSA Group," ucap juru bicara Birla kepada The Times of India.

Baca Juga: RMA Ingin Kembalikan Kepercayaan Konsumen Terhadap Ford Ambassador memilik sejarah panjang di India, diproduksi sejak 56 tahun lalu, dan merupakan mobil pertama yang dibuat di India. Namun pada era 1980an, Ambassador tersaingi dengan kehadiran Suzuki Maruti 800.

Hindustan Motors menghentikan produksi Ambassador pada 2014, setelah persaingan industri otomotif di India semakin sengit. Namun masih ada sedikit merek Ambassador yang mengaspal di jalan-jalan di India sebagai taksi.

Seperti dikutip dari laman caradvice.com.au, belum bisa dipastikan apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan Peugeot, apakah akan mengubah atau tetap memakai merek ikonik Ambassador itu.

Peugeot merupakan salah satu produsen otomotif asing pertama yang memasuki India di pertengahan 1990-an. Perusahaan ini diperkirakan akan kembali berinvestasi di India pada tahun mendatang.

CARADVICE.COM.AU | SETIAWAN ADIWIJAYA

#Industri Otomotif
#Peugeot
#India

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi