DPD Organda DIY Kunjungi Pabrik Perakitan Hino
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 10 Maret 2017 23:02 WIB
Direktur Hino Santiko Wardoyo (kiri) bersama ketua DPD Organda DIY Agus Andrianto saat mengunjungi Pabrik Hino di Purwakarta, Kamis, 9 Maret 2017. Dok. Hino.

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah Organisasi Angkutan Darat (Organda) Daerah Istimewa Yogyakarta unit pariwisata mengunjungi Pabrik Hino di Purwakarta, Jawa Barat, untuk melihat proses pembuatan truk dan bus Hino. Kunjungan tersebut dilakukan pada Rabu, 9 Maret 2017.

Kunjungan pabrik ini dihadiri oleh Ketua DPD Organda DIY Agus Andrianto, Waka III DPD Organda DIY sekaligus ketua Paguyuban Pengusaha Angkutan Pariwisata Yogyakarta (Palapawijaya) Hantoro, dan anggota DPD Organda DIY lainnya yang sekaligus merupakan pengusaha bus pariwisata sebanyak 30 peserta.

Rombongan ini didampingi dealer Hino PT Duta Cemerlang Motors. Acara kunjungan dimulai dengan factory tour menjelajahi beberapa area pabrik seperti Welding line, Painting line, Engine line, Frame line, Drive Axle line, dan Vehicle Assembly line.

Baca: Infrastruktur Hambat Hino Jual Bus Bahan Bakar Gas Optimistis Jualan 28 Ribu Unit, Begini Strategi Hino

“Kami senang dapat berbagi informasi tentang proses perakitan kendaraan Hino sehingga mereka dapat membuktikan langsung kualitas dan kehandalan produk – produk Hino,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan Dan Promosi Hino Motors Sales Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Tempo, Jumat, 10 Maret 2017.

Pabrik Hino memiliki luas 296 ribu meter persegi dengan jumlah pekerja sebanyak 2.202 orang. Proses produksi dan perakitannya dikerjakan para karyawan pabrik dengan didukung teknologi canggih dan peralatan sesuai standarisasi dari Hino Motors Ltd, Jepang.

Pabrik Hino memproduksi kendaraan truk dan bus dengan kandungan lokal sebanyak sekitar 54 persen untuk model Hino500 Series New Generation Ranger, Hino300 Series Dutro untuk kelas light duty truck dengan kandungan lokal sebanyak sekitar 65 persen, dan bus untuk berbagai kebutuhan baik itu bus dalam kota, antar kota maupun pariwisata.

Simak:Penjualan Grup BMW Naik 3,1 Persen, Seri 5 Jadi AndalanMesin Kapal Suzuki 4 Tak Lebih Efisien, Begini Hitungannya

Tidak hanya bus bermesin diesel, pabrik Hino juga memproduksi bus berbahan bakar CNG yang ramah lingkungan. HMSI juga mendukung penuh layanan purna jual truk dan bus Hino seperti layanan Express Maintenance yaitu perawatan berkala hanya 59 menit dilakukan pada bay khusus dengan dikerjakan oleh 2 mekanik terlatih, Free Service Program yaitu layanan servis berkala gratis untuk 2 tahun atau 60 ribu kilometer, serta pelatihan untuk mekanik serta pengemudi.

Dalam hal suku cadang, Hino memiliki Hino Genuine Part (HGP) yang merupakan suku cadang asli dari dari Jepang dan HMSI Original Parts (HOP) yang merupakan suku cadang lokal yang dibuat dengan kualitas standar Hino di bawah pengawasan Hino Motors ltd. “Untuk menjamin ketersediaannya di seluruh Indonesia, Hino memiliki 5 part depo yang tersebar di Medan, Tanggerang, Surabaya, Banjarmasin dan Balikpapan,” ujarnya.

WAWAN PRIYANTO

#Industri Otomotif
#Hino

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi