Begini Cara Pelumas Federal Oil Tingkatkan Kompetensi Mekanik
Reporter: Tempo.co
Editor: Sugiharto
Rabu, 15 Maret 2017 18:30 WIB
Presiden Direktur Federal Karyatama (FKT) Patrick Adhiatmadja (kanan) dan Direktur Marketing & Sales FKT Henry Hambali saat press conference kick off program Federal Academy di Harris Hotel & Convention Denpasar, Bali, 15 Maret 2017. Tempo/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Denpasar - PT Federal Karyatama, produsen pelumas Federal Oil dan Federal Mobil, menggelar kegiatan Federal Academy untuk meningkatkan kompetensi mekanik.

Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap di lima kota besar di Indonesia, yakni Denpasar, Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Kick off kegiatan ini dilaksanakan di Harris Hotel & Convention Denpasar, Bali, pada 15-16 Maret 2017.

Presiden Direktur Federal Patrick Adhiatmadja mengatakan bahwa program Mekanik Akademi adalah bentuk tanggung jawab sosial korporat untuk memberikan perhatian kepada mekanik dengan memberikan pelatihan mengenai mesin dan pelumas. “Kami berupaya menyiapkan mekanik yang standarisasi mutu dan kemampuannya memadai dan tersertifikasi," kata Patrick.

Menurut Patrick, Mekanik Akademi merupakan bagian dari Federal Akademi, yakni program yang secara komprehensif dibuat dan ditujukan untuk keseluruhan pihak-pihak yang terkait dengan Federal. "Mulai dari mekanik, kepala bengkel, customer service, salesman, dan distributor," ujarnya.

Simak: Pria Asal Pati Ini Jadi Orang Indonesia Pertama Pimpin Toyota  Mau Beli Skutik 150cc? Simak Harga per Maret 2017Simak Harga Motor Skutik 110-125cc per Maret 2017

Direktur Marketing dan Sales Federal Herry Hambali menyatakan, program mekanik akademi memuat konten yang terbagi dalam sejumlah tahapan. Tahapan pertama, konten diarahkan pada upaya meningkatkan kompetensi mekanik binaan Federal Oil. Lalu berlanjut ke tahapan selanjutnya yang memuat tentang pengetahuan teknis sepeda motor injeksi.

“Tahapan-tahapan ini akan diakhiri dengan pelaksanaan kontes mekanik sebagai upaya mengevaluasi keseluruhan tahapan yang telah dijalankan," ujar Herry.

Dalam dunia otomotif, Henry melanjutkan, mekanik merupakan entitas penting yang keberadaannya perlu mendapatkan perhatian. "Faktanya, mekanik menjadi penentu sejumlah hal mengenai perawatan kendaraan bermotor."

Masih menurut Henry, Mekanik Akademi merupakan program pendidikan yang disusun secara sistematis untuk menciptakan standarisasi mutu dan kemampuan tenaga mekanik. Hal ini diperkuat dengan pemberian sertifikasi yang dapat diperoleh oleh mekanik pada akhir pendidikan. Sertifikasi ini telah disusun oleh sejumlah fasilitator dengan kapabilitas sebagai team penilai sertifikasi pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Peserta merupakan mekanik terpilih dari bengkel mitra Federal Karyatama yakni bengkel dengan kategori SFOC (super federal oil center) dan FOC (federal oil center). Hingga saat ini bengkel SFOC berjumlah 500 unit dan FOC 2500 unit. "Kami menargetkan penambahan bengkel baru kategori SFOC sebanyak 50 unit tahun ini, tapi kami lebih fokus pada peningkatan kualitas mekanik dulu," katanya.

Di pasar pelumas kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, pelumas Federal berhadapan dengan pelumas ternama seperti pelumas Pertamina, Evalube, Yamalube, AHM Oil, Top1, Castrol, dan Shell. "Pangsa pasar pelumas kami sebesar 20 persen secara nasional," ujar Henry.

WAWAN PRIYANTO 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi