Nissan Raih Predikat Korporasi Ramah Perempuan
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Selasa, 4 April 2017 15:00 WIB
Head of Communication Nissan Motor Indonesia (kiri) dan Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja memperkenalkan Datsun Go Panca Special Version di Bandung, 26 Januari 2017. TEMPO/PRAGA UTAMA

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan otomotif asal Jepang, Nissan Motor Co., Ltd. mendapat predikat merek ‘Nadeshiko’ dari Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung perempuan di tempat kerja. Dukungan ini tercermin dari peningkatan jumlah jajaran manajer perempuan di perusahaan.

Ini adalah pengakuan yang diterima Nissan Motor Co selama lima tahun berturut-turut. Pada April 2016, tercatat 9,1 persen karyawan perempuan Nissan Jepang berada di level manajer, naik dari 1,6 persen pada 2004. Rasio ini diperkirakan akan meningkat menjadi 10 persen pada April 2017.

Bursa Efek Tokyo menyebutkan Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan. Upaya ini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilan dan program mentoring bagi karyawan perempuan.

Baca : Hasil Riset: Ford Peringkat Pertama dalam Teknologi Swakemudi

Nissan juga berharap karyawan dapat meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah. Pada 2015, Nissan Motor Co memulai program “Happy 8”, yang mendorong karyawan Nissan di Jepang untuk bekerja delapan jam sehari.

Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan karyawan dan kualitas waktu di tempat kerja ataupun di rumah. Lima ribu karyawan juga berpartisipasi dalam program Nissan “Work at Home”di tahun fiskal 2016 yang dicanangkan untuk karyawan non-pabrik. Jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 6.000 karyawan pada tahun fiskal 2017.

Untuk Nissan Motor Indonesia, jumlah karyawan perempuan yang menduduki posisi manajerial semakin banyak; saat ini tercatat 11 persen dari posisi manajer ditempati oleh perempuan.

Baca : Otobursa Tumplek Blek 2017 Raup Transaksi Rp 33 Miliar Lebih

“Selain itu, Nissan Motor Indonesia juga memberikan perhatian akan keseimbangan waktu kerja karyawan di kantor dan di rumah,” kata Juru Bicara Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 4 April 2017.

Sejak 2016, Nissan Motor Indonesia memiliki program yang ditujukan bagi karyawan non-pabrik, yaitu “Flexi Time”–menganjurkan karyawan untuk bekerja lebih efektif selama 8 jam.

ALI HIDAYAT

#Industri Otomotif
#Nissan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi