Rayakan 1 Juta Unit 911, Porsche Luncurkan Carrera S
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Senin, 15 Mei 2017 23:00 WIB
Mobil antik Porsche 356B Carrera 2 Cabriolet di pameran Techno-Classica Essen ke-29 di Messe Essen, Jerman, 5 April 2017. Pameran ini diikuti oleh 2.500 kolektor mobil antik, 1.250 lebih peserta pameran, dan 220 lebih klub dan komunitas. Dean Mouhtaropoulos/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Porsche 911 adalah satu model mobil sport yang punya sejarah panjang. Usianya sudah 54 tahun sejak pertama kali diproduksi pada tahun 1963. Pekan lalu, pabrik Porsche di Zuffenhausen, Stuttgart, Jerman mencatat produksi mobil ini mencapai satu juta unit.

Pabrikan pun merayakan hal ini dengan meluncurkan Carrera S dengan warna khusus, yakni Irish Green. Mobil ini memiliki sejumlah fitur eksklusif yang diadaptasi dari 911 yang pertama kali diproduksi massal.

“Lima puluh empat  tahun lalu, Ayah saya mengajak ke Grossglockner High Alpine Road menggunakan 911. Perasaan yang sama mengendarai Porsche masih sama dari dulu sampai sekarang,” kata Wolfgang Porsche, Chairman of the Supervisory Board Porsche AG seperti dikutip dari newsroom.porsche.com, Senin, 15 Mei 2017.

Hingga saat ini seluruh model mobil sport Porsche diilhami dari 911. Selalu ada bagian dari 911 yang melekat pada setiap produk tersebut.

Sejak 1963 model 911 tidak pernah berhenti diproduksi dalam varian boxer dan cayman. Hingga saat ini, meskipun sudah banyak pengembangan mesin dan fitur, bentuk klasik Porshce 911 selalu dipertahankan. Dua pintu, mesin di belakang, buritan landai, dan berpenggerak roda belakang selalu menjadi hal yang dijaga.

Porshce AG mengklaim lebih dari 70% model 911 yang diproduksi sejak 1963 masih bisa dikendarai hingga saat ini. Mobil ini serin kali menjadi buruan para kolektor otomotif.

Wolfgang mengatakan, kunci kesuksesan mobil ini adalah berhasil membuat mobil bermesin balap yang dapat digunakan sehari-hari. Modelnya tidak menyusahkan untuk dikendarai sehari-hari, sedangkan mesinnya teruji dengan keberhasilan memenangkan setengah dari 30.000 piala bagi Porsche di arena balap.

Uwe Hück, Chair of the Group Works Council Porsche mengatakan, keberhasilan juga tidak terlepas dari para pekerja di pabrik perakitan.

“Rekan-rekan kami masih membuat [911] dengan kesetiaan yang sama seperti mobil pertama,” ujarnya.

Saat ini, Porsche AG mengklaim 911 berada di puncak segmen mobil sport premium. Tahun lalu perusahaan membukukan pengiriman model ini sebanyak 32.365 unit ke seluruh dunia. Di dalam kajian Initial Quality Study dari lembaga riset pasar Amerika Serikat, J.D. Power, mobil ini berada di peringkat teratas terkait kualitas.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif
#Porsche AG

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi