Mitsubishi Targetkan Produksi 80 Ribu XM Concept Per Tahun
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 24 Juli 2017 14:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memperkenalkan Small MPV di Jakarta, Senin, 24 Juli 2017. Mobil ini merupakan versi produksi dari Mitsubishi XM Concept yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil yang sementara ini diberi nama Next Generation MPV ini menurut rencana kan diluncurkan di pameran otomotif GIIAS pada 10 Agustus 2017. 

Mobil ini diproduksi di Pabrik Mitsubishi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini juga memproduksi Mitsubishi Pajero Sport dan kendaraan light commercial L300. 

Direktur Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan mobil baru ini akan diproduksi di pabrik Mitsubishi di Karawang. "Produksinya sekitar 80 ribu unit per tahun," kata Irwan. 

Baca: Begini Rasanya Naik Mitsubishi XM Concept

Dari angka itu, lanjut Irwan, 60 ribu unit untuk memenuhi kebutuhan domestik dan 20 ribu unit diproyeksikan untuk ekspor. Ketika ditanya lebih jauh negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor, Irwan mengaku masih mempelajarinya. "Yang pasti kawasan regional, Asean," ujarnya.

Head of Sales and Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya mengatakan sejak dipamerkan dalam bentuk mobil konsep pada pameran GIIAS 2016 hingga saat ini jumlah peminat Small MPV terbaru Mitsubishi lebih dari 16 ribu pemesan. Angka itu merata di kota-kota besar di Indonesia. "Sambutannya baik. Karena kami juga gencar road show XM Concept ke luar Pulau Jawa," ujar Imam. 

Simak: Mitsubishi XM Concept Versi Produksi Diperkenalkan

Small MPV XM Concept ini dibekali mesin 1.5L, 16 katup, berteknologi Mitsubishi Valve Timing Electronic Control (MIVEC). Mesin ini diklaim hemat bahan bakar dan bertenaga. Tenaga dari mesin ini dialirkan ke roda penggerak depan melalui transmisi manual atau otomatis.

Sebagai mobil keluarga, Small MPV ini memiliki banyak kompartemen serba guna di dalam kabin. Terutama untuk menyimpan botol minuman, tempat charges gadget, USB port, dan sebagainya

Desain kursi juga dibuat sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan penumpang pada saat berkendara. Tata letak menyediakan ruang kabin yang lapang untuk semua penumpang. Salah satu fitur yang diunggulkan pada model ini adalah Keyless Operating System (KOS).

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk membuka pintu dan menyalakan mesin ketika kunci berada di dalam saku. Tombol KOS berkomunikasi dengan kendaraan teknologi nirkabel. Menariknya, lampu depan akan tetap menyala selama 30 detik saat keluar dari mobil pada malam hari. Fitur ini tentu sangat membantu saat pengemudi parkir di tempat gelap. 

Mobil yang diklaim sebagai gabungan antara SUV dan MPV ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, 205 milimeter (diukur menggunakan ban 16 inci).

Model yang menjadi pesaing Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Honda mobilio ini ditawarkan dalam 6 varian dengan harga mulai dari Rp 189 juta hingga Rp 246 juta. Sayang, Mitsubishi masih enggan menyebutkan nama dari produk terbarunya ini. Sejumlah rumor yang beredar di dunia maya menyebutkan produk terbaru dari Mitsubishi ini akan diberi nama Expander.

WAWAN PRIYANTO


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi