Sebagian Besar Komponen BMW Seri 5 Masih Impor
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Rabu, 2 Agustus 2017 23:00 WIB
Tampilan elegan dari dalam mobil All-new BMW 530i Luxury Line Saat ditampilkan di Jakarta Pusat, 12 Juli 2017. Menjadi mobil BMW terlaris, BMW seri 5 ini tetap menjaga sisis elegan dan kenyamanan bagi pengendara yang dilengkapi dengan sistem teknologi canggih. TEMPO/Yovita Amalia

TEMPO.CO, Jakarta - BMW Group Indonesia mulai merakit BMW 530i Luxury Line di dalam negeri. Namun, banyak komponennya yang masih didatangkan dari luar negeri.

Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano, mengatakan bahwa sepengetahuan dia, baru jok kursi saja yang dipasok oleh perusahaan lokal.

"PT GSIT, dia pemasok kursi. Sampai dengan saat ini masih satu," katanya di BMW Production Network 2 Sunter, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Sementara untuk komponen mesin, ban, dan suspensi, Gaya Motor memerima pasokan dari PT Tjahaya Sakti Motor (TSM).

Sanfrantis Tanu, CFO TSM, tidak menyebutkan seberapa banyak komponen lokal yang dia gunakan untuk kebutuhan BMW Seri 5. "Sebagian besar masih impor," katanya.

Baca: BMW Motorrad Pakai Mesin VVT untuk Kontrol Emisi

Jodi'e Otania, Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia, mengatakan penambahan komponen lokal dilakukan secara bertahap.

"Seri 5 komponen lokalnya seperti plastik, kabel, komponen detail, juga sudah lokal," katanya.

Adapun BMW 530i Luxury Line yang akan diproduksi Gaya Motor bulan ini sebanyak 72 unit. Seluruh produk dirakit di dalam painted body yang dikirim Jerman. Proses produksi satu unit Seri 5 teranyar hingga siap diantar ke dealer memakan waktu selama dua setengah hari.

BMW Indonesia menargetkan seluruh permintaan konsumen gelombang pertama akan terpenuhi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pekan depan.

BISNIS

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi